Sukses

Lifestyle

Mengunjungi Jakarta International Jewelry Fair 2012

Vemale.com -
Anda mengaku pecinta koleksi perhiasan, saatnya memanjakan hobby mengoleksi ragam perhiasan cantik, karena Jakarta International Jewellery Fair 2012 akan digelar mulai besok, mulai 3 Mei hingga 6 Mei 2012 ini di Kartini Expo Center, Balai Kartini, Jakarta.

Pameran hiasan Internasional Terbesar di Indonesia ini diadakan kembali untuk ke 5 kalinya, diikuti oleh berbagai bidang usaha perhiasan, pabrikan perhiasan, perusahaan permesinan & kemasan perhiasan serta desainer dan pengrajin lokal di industri perhiasan skala kecil dan menengah.
Masih dalam upaya untuk mengembangkan investasi industri kreatif dan perdagangan perhiasan serta pembuka lapangan kerja di Indonesia, maka pameran ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan produk–produk kreatif perhiasan dengan ciri desain etnik budaya dan teknologi masa kini dalam industri perhiasan dan industri pendukungnya di tanah air.

“Mulai dari Harga, teknologi pengrajin sendiri yang belum memiliki fasilitas yang baik, lemahnya keterkaitan industri emas dan perak hingga pengrajin perhiasan yang juga belum begitu banyak,” ucap Gati Wibawaningsih selaku Direktur Industri Kecil dan Menengah Kementerian RI kepada awak media dalam press conference yang berlangsung kemarin (1/5) di Balai Kartini menjelaskan mengenai kendala–kendala dalam industri perhiasan di dalam negeri.

Melalui pemaparannya, Gati mengungkapkan bahwa pemerintah telah berangan-angan untuk bisa mewujudkan ajang–ajang khusus bagi para pengrajin perhiasan yang belum memiliki mesin gosok, Kementerian Industri berencana mengadakan ajang – ajang untuk menstimulasi para pengrajin menciptakan koleksi terbaiknya yang pemenangnya akan dihadiahkan mesin penggosok tersebut.

Kepada Vemale, Gita mengatakan bahwa potensi yang besar memang dimiliki bangsa ini dengan bahan–bahan alam yang berlimpah serta pengrajin yang berbakat dan memiliki ciri khas desain yang beragam, oleh sebab itu menurut Gita pemetaan industri perhiasan Indonesia itu perlu dilakukan untuk mengetahui pusat–pusat pengrajin serta penghasil perhiasan terbesar di Indonesia, di antaranya ada di Bali, Pacitan, Kota Gede dan Kendari.

Melalui event ini kiranya Kementerian Industri kecil dan menengah berharap dapat memberi peluang eksport yang besar bagi para pengrajin serta pengusaha–pengusaha kecil dengan target negara–negara tujuan eksport seperti Singapore, Hongkong, USA, Jepang, Arab, Dubai, Inggris, Belanda, Denmark dan Swedia.

Pada pameran kali ini, konsumen akan mendapatkan produk–produk perhiasan dengan harga bersaing dan juga mendapatkan wawasan tentang perhiasan yang diproduksi dengan teknologi terbaru dan desain terkini dengan ciri etnik budaya yang tinggi. Tidak hanya itu pameran ini juga melibatkan negara–negara besar penghasil jewelry terbaik, seperti Thailand, Filipina, Brunei, Vietnam,Hong Kong dan Malaysia

Sebanyak 150 peserta akan berpartisipasi dalam pameran ini dan memamerkan koleksi perhiasan emas, perak juga tembaga, dengan kualitas terbaik, dan tentunya batu–batu mulia terbaik.

Dalam konferensi pers, Iskandar Husin selaku Sekjen Asosiasi Perhiasan Emas & Permata (APEPI) mengemukakan keistimewaan pameran kali ini adalah unsur edukasi, dengan seminar–seminar yang memberi pengetahuan kepada pecinta perhiasan, seperti bagaimana memilih batu baik, cara buat perhiasan sederhana. Selain tanpa dipungut bayaran untuk bisa masuk ke Pameran ini, 1000 pengunjung wanita pertama juga akan mendapatkan free gift, dan tiket free, door prizes perhiasan emas setiap 2 jam. Hadiah menarik disiapkan untuk “Mr Goldman”, yaitu bagi siapa saja yang bisa mengangkat emas murni sebesar 12.5 kilo.

“Jangan lewatkan juga untuk melihat langsung trend jewelry 2012, yang mana bentuk–bentuknya untuk trend ke depan ini lebih mengadopsi bentuk–bentuk nyata di sekeliling kita,” ucap Catur Limas dari PT Untung Bersama Sejahtera, selaku produsen perhiasan yang  koleksinya didominasi dengan 90% perhiasan emas.

(vem/bee/ana)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading