Sukses

Lifestyle

Tanpa Disadari, 10 Hal Ini Membuat Baterai Handphone Cepat Habis

Ladies, saat ini habisnya baterai ponsel adalah hal yang paling tidak Anda inginkan terjadi. Apalagi saat Anda harus bepergian, dan tidak sempat mengisi baterai. Anda merasa sudah mengisi penuh baterai ponsel Anda sebelum meninggalkan rumah, namun beberapa jam kemudian sudah akan habis. Mungkin yang salah bukan ponsel Anda Ladies, namun kebiasaan yang Anda lakukan, yang tanpa Anda sadari membuat pemakaian tenaga ponsel Anda sangat boros, seperti yang dilansir oleh Cosmopolitan.co.uk. Apa saja ya? Simak selengkapnya ya.

    Kecerahan Layar Ponsel Terlalu Tinggi

    Semakin tinggi tingkat kecerahan layar ponsel Anda, semakin cepat pula baterainya habis. Lebih baik Anda mengurangi tingkat kecerahannya, atau mengaktifkan "Auto-Brightness" pada ponsel pintar Anda, sehingga ponsel Anda akan menyesuaikan cahaya pada ponsel sesuai dengan cahaya di sekitar Anda secara otomatis. Lagipula, layar yang terlalu terang akan menyakitkan bagi mata lho Ladies.

    Aplikasi Tertentu

    Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun aplikasi tertentu "memakan" tenaga baterai Anda lebih banyak. Cek pada pengaturan penggunaan baterai pada ponsel Anda, untuk melihat aplikasi manakah yang bikin boros, dan pastikan Anda menutup aplikasi tersebut saat tidak sedang digunakan.

    Notifikasi

    Facebook, twitter, instagram, apa lagi Ladies? Anda mengaktifkan semua notifikasi dari akun-akun yang Anda miliki, disertai getaran dan nyala LED, itu dia yang bikin boros. Matikan notifikasi yang tidak perlu segera Anda ketahui, atau ubah pengaturannya menjadi tanpa getar, tanpa LED, jika perlu tanpa suara.

    Mode Getar

    Percaya atau tidak, menambahkan mode getar pada setiap panggilan, pesan, atau notifikasi lain, akan membuat baterai Anda jauh lebih boros dibanding tanpa getar. Non aktifkan mode getar pada notifikasi yang tidak terlalu penting jika Anda ingin menghemat baterai.

    WiFi On Terus

    Me-non-aktifkan WiFi sangat mudah dilupakan ya Ladies. Saat WiFi on, fasilitas pada ponsel Anda tersebut akan terus mencari koneksi WiFi untuk Anda, sehingga membuat baterai Anda terus dipakai dan lebih cepat habis.

    Aiplane Mode

    Jika Anda hendak tidak menggunakan ponsel Anda untuk beberapa saat, misalnya nonton film di bioskop, meeting, tes, atau di tempat yang Anda tahu Anda tidak akan mendapatkan sinyal, mengaktifkan airplane mode akan membuat semua koneksi dan background data mati, sehingga baterai Anda akan tetap sama seperti saat Anda mengaktifkan airplane mode. Hal ini bahkan lebih efisien dibanding jika Anda mematikan lalu nantinya menghidupkan ponsel Anda lagi.

    Aplikasi Ter-update Otomatis ...

    Mengaktifkan automatic update untuk semua aplikasi akan membuat ponsel Anda "bekerja" tanpa sepengetahuan Anda saat ada aplikasi yang harus di update. Ubah pengaturannya kembali ke manual update.

    ... Atau Mengabaikan Permintaan Update

    Saat pengaturan update aplikasi pada ponsel Anda berada pada mode manual, permintaan update akan tetap muncul. Sempatkan untuk memenuhi permintaan tersebut saat Anda sedang senggang dan tidak mengalami kendala dengan pengisian baterai, terutama untuk aplikasi yang sering Anda gunakan.

    "Location" On Terus

    Memang sih beberapa aplikasi, atau media sosial memiliki fasilitas untuk menampilkan lokasi Anda, namun bukan berarti Anda harus mengaktifkan lokasi terus. Matikan saat Anda sedang tidak memerlukannya.

    Batery Saving App

    Aplikasi penghemat baterai bukan hanya dapat membantu pemakaian baterai pada ponsel Anda lebih hemat, namun juga dapat menutup aplikasi yang tidak Anda pakai, serta Anda dapat menerapkan beberapa aturan yang berhubungan dengan pemakaian baterai sesuai keinginan Anda.

Tidak sulit bukan Ladies untuk menghemat baterai Anda? Meskipun sekarang Anda bisa memakai power bank, namun pemakaian baterai yang lebih efisien juga akan lebih baik untuk masa hidup baterai dan ponsel Anda juga.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading