Sukses

Lifestyle

Mengapa Couple Suka Berpegangan Tangan? Ini Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Sebagai pasangan yang sedang jatuh cinta, orang yang pacaran atau menikah sering terlihat bergandengan atau berpegangan tangan. Hal ini tentu wajar karna menggenggam tangan pasangan bisa dinilai sebagai tanda cinta.

Namun apa yang membuat pasangan jatuh cinta ingin selalu berpegangan tangan di mana saja? Ternyata ini ada penjelasan ilmiahnya. Dilansir dari Seventeen, memegang tangan pasangan bisa menurunkan stres sekaligus menjadi salah satu bentuk komunikasi non-verbal.

Kontak fisik seperti memegang atau menggenggam tangan adalah cara sederhana menenangkan seseorang dari rasa cemas dan khawatir. Hal ini sudah terbukti secara psikologi. Sebuah penelitian yang dilakukan Clinical Psychologist Dr. James Coan menemukan bahwa orang yang memegang tangan seseorang yang dicintainya bisa menurunkan stres dan membuat orang tersebut lebih tenang.

Penelitian lain yang dilakukan psikolog Matthew Hertenstein, juga menemukan bahwa memegang tangan pasangan mampu mengirim sinyal emosional sebagai bentuk komunikasi non-verbal yang menunjukkan bahwa dirinya sedang butuh dukungan atau sedang ada sesuatu yang terjadi.

Tangan adalah salah satu bagian tubu sensitif. Ada banyak sensor saraf dan reseptor yang menghubungkan dengan otak. Jadi tak heran jika kemudian pasangan ingin selalu berpegangan tangan. Bahkan orang yang tidak sedang jatuh cinta juga ingin digenggam tangannya jika butuh dukungan atau ingin menenangkan diri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading