5 Tips Mendapatkan Rumah Impian untuk Pasangan Muda

Ayu Puji Lestari14 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 14 Mei 2022, 13:45 WIB
KPR

Fimela.com, Jakarta Sebagai pasangan yang baru menikah, menyiapkan tempat tinggal memang sangat penting. Tentu keinginan untuk tinggal bersama dengan pasangan dan terpisah dari orangtua menjadi harapan setiap pasangan. Well, namun membeli rumah di saat harganya kurang bersahabat memang tidak mudah. Lalu apa yang harus dilakukan.

Memiliki rumah bagi pasangan muda bukanlah hal yang sulit. Saat ini program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun bisa diakses oleh siapa saja. Namun perlu diingat, sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR, pastikan untuk memerhatikan hal ini.

 

Bandingkan Setiap KPR yang Dipilih

Perjuangan Cinta Butuh Uang, Apa yang Harus Dilakukan Agar Bisa Bertahan?
Ilustrasi pasangan muda mengatur keuangan.(Shutterstock)

Banyaknya penawaran KPR jangan membuatmu malas untuk memilih mana pinjaman yang sesuai untukmu. Hitung tawaran bunga KPR dengan teliti. Terutam soal skema pinjaman yang akan dipilih. Hal ini penting untuk mengetahui besarnya bunga yang akan dibayar nanti.

Pastikan Memilih Lingkungan Rumah dengan Tepat

Membeli rumah seperti memilih jodoh, suka tidak suka rumah adalah tempatmu untuk tinggal dalam waktu yang lama. Pastikan lingkungan rumahmu sesuai dengan yang diinginkan. Jangan mengejar murah tapi mengabaikan keamanan, kemudahan dan kebersihan. Pastikan rumahmu sesuai dengan pola hidupmu.

 

Hitung Pengeluaranmu

pasangan dan topik tentang uang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Makistock

Selain harga yang sesuai dengan yang diharapkan, sebelum memilih rumah pastikan menghitung pengeluarn untuk rumah dihitung dengan teliti. Jangan sampai pengeluarannya melebihi 30% dari jumlah pendapatanmu bersama pasangan.

 

Jangan Menunda Waktu Beli Rumah

pasangan
ilustrasi keuangan/.copyright Rawpixel

Tips berikutnya adalah jangan menunda waktu untuk membeli rumah. Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebagai tempat tinggal. Kamu dan pasangan tentu akan merasa nyaman jika tinggal di rumah sendiri. Meskipun harus membeli rumah secara kredit, berusahalah mengambilnya karena harga rumah akan terus meningkat setiap tahunnya.

 

Pilih Developer yang Terpercaya

Pentingnya Buka-bukaan Soal Keuangan Bersama Pasangan, Ini Cara Merencanakannya!
Pentingnya Buka-bukaan Soal Keuangan Bersama Pasangan, Ini Cara Merencanakannya!

Saat akan membeli rumah, pilih developer yang terpercaya. Ketahui bagaimana track record developer yang akan dipilih. Pemilihan developer terpercaya sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran proses pembelian rumah. Pilihlah pengembang dengan layanan lengkap dan terjamin keamanannya.

Nah, demikian tips untuk mendapatkan rumah idamanmu bersama pasangan. Jadi, sudahkah siap untuk memilih hunian impaianmu?

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela