Sukses

Lifestyle

5 Cara Sehat untuk Menyeimbangkan Hormon

Fimela.com, Jakarta Salah satu akibat hormon tubuh yang tidak seimbang adalah fungsi tubuh terganggu. Tubuh mudah lelah, ketidaksuburan, rambut rontok, siklus bulanan yang tidak lancar dan perubahan mood. Well, untuk itulah menjaga hormon tetap seimbang perlu dilakukan.

Sahabat Fimela, berikut ini adalah cara untuk menjaga agar hormon tetap seimbang.

Menjaga Kualitas Tidur

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan hormon adalah menjaga kualitas tidur. Tidur yang berkualitas akan membantumu untuk terhindar dari stres. Dalam satu penelitian, stres dapat menyebabkan kerja hormon terganggu.

Tidur 7-8 jam sehari sangat disarankan untuk orang dewasa. Selain itu tidur juga membantumu untuk memulihkan energi.

Rutin Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap sehat, olahraga juga sangat penting untuk membantu menjaga keseimbangan hormon. Namun yang perlu kamu ketahui, olahraga yang terlalu keras juga tidak baik karena akan membuatmu merasa tertekan dan stres.

Kurangi Minuman Berkafein

Banyak orang menganggap minuman berkafein hanya kopi. Nyatanya teh dan coklat termasuk minuman yang mengandung kafein. Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan detak jantung dan membuatmu susah tidur.

Perbanyak Konsumsi Vitamin D

Vitamin D sangat berpengaruh pada hormon. Jika Sahabat Fimela tidak dapat mendapat sinar matahari secara alami, pastikan konsumsi vitamin D dan suplemen B12 bila perlu.

Diet Sehat

Salah satu cara untuk menyeimbangkan hormon adalah dengan melakukan diet sehat. Hindari makanan yang dapat memperburuk sistem endokrin. Makanan berserat dan berlemak alami sangat penting, seperti avokad, sayuran hijau, ubi jalar, dan blueberry.

Demikian 5 cara untuk menjaga keseimbangan hormon yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading