Sukses

Lifestyle

Tips Praktis Hilangkan Bau dan Mengempukkan Daging Ayam, Masak dengan Ini

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak daging ayam, salah satu proses mengolah yang harus dilakukan adalah merendam ayam dengan jeruk nipis dan garam, gunanya untuk menghilangkan bau amis dan tak sedap dari ayam sehingga daging ayam terasa enak dimakan.

Tapi bagaimana jika tak punya waktu untuk merendam ayam dan ingin langsung memasaknya? Ternyata ada cara sederhana yang bisa dilakukan jika ingin tetap bisa menghilangkan bau daging ayam sekaligus membuat dagingnya empuk, yaitu memasaknya dengan cuka apel.  

Bahan dan caranya membuat:

  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 200 ml cuka apel
  • 100 ml air
  • 2 sdm margarin
  • 1/2 sdt lada hitam, haluskan
  • 2 sdt garam atau secukupnya

Cara memasak:

  1. Cuci bersih daging ayam. Siapkan panci masak.
  2. Lelehkan margarin, campurkan semua bahan dan tuang ke dalam panci. Masukkan ayam dan masak dengan api sedang hingga matang.

Cara ini mirip dengan mengungkep ayam namun dengan bumbu sederhana. Cuka apel akan bekerja meresap hingga ke bagian terdalam daging, menghilangkan bau daging dan mengempukkannya. Sesekali buka dan balik agar matangnya merata dan bumbunya meresap menyeluruh.

Setelah matang dan airnya habis, angkat dan siap sajikan atau bisa diolah lebih lanjut jika suka. Tertarik mencobanya di rumah?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading