Sukses

Lifestyle

4 Tips Puasa Tetap Lancar dan Khusyuk Selama Masa PSBB

Fimela.com, Jakarta Dampak dari pandemi Covid-19 membuat kita harus tetap tinggal di rumah untuk mengurangi tingkat penyebaran virus. Hal ini menjadi sangat sulit bagi beberapa orang, dimana biasanya Ramadan identik dengan tradisi kebersamaan, mulai dari sahur hingga berbuka.

Pemerintah pun telah menetapkan beberapa wilayah yang masuk dalam kategori Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Di tengah situasi seperti ini, kita tidak bisa menghabiskan waktu untuk berbuka bersama sekaligus berkumpul dengan teman dan saudara-saudara kita.

Beberapa orang mungkin juga mengeluhkan kondisi ini karena dilanda kebosanan, hasilnya rasa lapar dan haus lebih terasa. Jadi adakah tips yang dapat kita lakukan untuk berpuasa selama bulan Ramadan?

 

Agar puasa berjalan khusyu dan terhindar dari kebosanan selama PSBB, lakukan 4 tips berikut ini;

Makan dan minum yang cukup saat sahur

Sahur adalah waktu untuk makan dan minum sebelum menjalankan ibadah puasa. Makanlah sesuatu yang dapat mengisi dan memberikan energi selama kamu menjalankan puasa.

Seperti makanan yang tinggi serat yang dapat memberikan energi bagi tubuh, sehingga membuat kenyang lebih lama. Makanan tinggi serat diantaranya, bubur gandum, sereal gandum, roti, buah-buahan dan sayuran.

 

 

Menghindari makanan asin

Makanan asin seperti keripik akan membuat kamu mudah haus, dan saat berpuasa kita dilarang minum sebelum berbuka. Selain mengatasi haus, minum air cukup saat sahur dan berbuka juga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

 

Tidur Siang

ketika kamu tidak makan dan menahan lapar, sebaiknya gunakan untuk tidur sebentar di siang hari. Selain mengatasi rasa lapar, kamu juga akan terbangun dengan perasaan segar dan akan memiliki lebih banyak energi untuk melawan rasa lapar.

 

 

Menyibukkan diri

Terus-terusan berada di rumah adalah hal yang membosankan dan biasanya ujung-ujungnya jadi terpikirkan rasa lapar. Buat diri kamu sibuk untuk membantu menekan rasa lapar. 

Kamu bisa mencoba melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk meningkatkan ketakwaan dan memperdalam pengetahuan agama seperti mengaji, membaca kisah-kisah para nabi dan rasul, melaksanakan salat sunnah, atau melakukan hobi seperti melukis, berolahraga, membersihkan atau menata rumah, dan menonton film.

 

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading