Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ketupat Rice Cooker yang Tak Mudah Basi

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Dalam hidangan lebaran, sajian ketupat pasti tak ketinggalan. Ketupat bisa dinikmati dengan sayur labu siam, rendang, hingga aneka lauk seperti kering tempe dan telur balado. Membuat ketupat mungkin gampang-gampang susah. Tapi kalau berencana untuk membuat ketupat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, kita bisa membuatnya dengan menggunakan rice cooker.

Membuat atau memasak ketupat dengan rice cooker pun cukup mudah. Selengkapnya langsung saja simak langkah-langkahnya di sini dan langsung coba buat sendiri di rumah, ya.

Gunakan Beras yang Tidak Pulen

Salah satu tips untuk membuat ketupat yang tidak mudah basi dan tidak berair, pilih beras yang tidak pulen. Kalau menggunakan beras yang pulen, hasilnya nanti ketupat akan cenderung lebih lembek dan berair sehingga dikhawatirkan akan cepat basi.

Isi 1/3 Sarang Ketupat dengan Beras

Kita bisa menyiapkan bahan-bahannya, antara lain:

2 takaran beras rice cooker

6 sarang ketupat

air secukupnya

Masukkan beras ke dalam sarang ketupat. Tapi jangan sampai penuh. Masukkan beras hingga memenuhi 1/3 sarang ketupat. Masukkan ketupat ke dalam panci rice cooker. Tambahkan air hingga semua bagian ketupat terendam.

Tambahkan Air Lagi Bila Perlu

Tekan tombol cook pada rice cooker. Setelah mendidih, buka tutupnya dan periksa apakah airnya berkurang. Jika airnya berkurang dan ketupat belum sepenuhnya matang, tambahkan air. Lalu masak kembali sampai ketupat matang. Ketupat yang sudang matang bisa langsung diangkat dan ditiriskan.

Mudah kan membuat ketupat dengan menggunakan rice cooker? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading