Sukses

Lifestyle

5 Tips Memulai Sebuah Kebiasaan Baru yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Membangun sebuah kebiasaan baru kadang sulit dilakukan. Bahkan sekadar memulainya saja terasa berat. Seperti memulai kebiasaan untuk lebih ruitn olahraga, bagi sebagian di antara kita melakukannya jelas tidak mudah. Namun, bukan berarti kita tak bisa menciptakan kebiasaan baru yang lebih baik.

Ada beberapa tips efektif yang bisa dicoba untuk memulai sebuah kebiasaan baru. Melansir lifehack.org, dalam mengubah kebiasaan kita perlu fokus pada hal-hal yang simpel dan mudha terlebih dahulu. Dengan begitu kita akan merasa ringan dalam membangun kebiasaan baru.

1. Mulai dari Sesuatu yang Kecil

Ingin rutin berolahraga? Coba awali dengan olahraga 10 menit saja setiap pagi. Mulai dari sesuatu yang kecil. Untuk membangun kebiasaan yang lebih baik, kita bisa memulai dari hal kecil. Sekecil apa? Sekecil zona nyaman kita. Bila merasa berolahraga 30 menit tiap pagi masih terlalu berat misalnya, maka coba lakukan 10 menit terlebih dahulu.

2. Konsisten pada Hal yang Kecil Tersebut

Pertahankan intensitas yang sudah dibangun. Saat memulai sebuah kebiasaan, penting untuk tetap pada intensitas yang sudah kita buat dari awal. Tak perlu memaksakan diri langsung membuat peningkatan besar jika masih terasa berat. Konsistensi adalah kunci penting terbentuknya sebuah kebiasaan.

3. Ganti yang Terlewat

Misalnya kamu punya target untuk membaca tiga halaman buku setiap hari untuk membangun kebiasaan lebih rutin membaca. Jika ada satu hari yang terlewat, maka keesokan harinya perlu membaca enam halaman buku. Sebisa mungkin ganti yang terlewat. Hal ini penting dilakukan agar kita tidak malas.

4. Tingkatkan Intensitas dengan Menjaga Konsistensi

Bila sudah merasa nyaman dengan intensitas yang dibuat tapi merasa belum mencapai target yang dibuat sedari awal, maka perlu meningkatkan intensitasnya. Setelah merasa sudah cukup nyaman dengan intensitas yang dibuat dan sudah konsisten melakukannya selama beberapa saat, maka bisa tingkatkan lagi intensitasnya. Dengan tetap menjaga konsistensinya sebaik mungkin.

5. Jadikan Bagian dari Rutinitas

Setelah melatih diri untuk disiplin memulai dari sesuatu yang kecil, maka akan terbentuk pola baru. Di sini kita bisa menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas. Seperti tidak akan mandi dulu sebelum olahraga pagi. Atau baru akan tidur setelah membaca buku. Dengan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas, ke depannya tidak akan terlalu berat melakukannya.

Semoga apa pun kebiasaan baru yang ingin kamu buat bisa terbentuk dengan baik, ya. Saatnya untuk membuat perubahan dalam hidup jadi lebih baik lagi.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading