Sukses

Lifestyle

Sedikit Tertutup, Ini 5 Cara untuk Melakukan Komunikasi dengan Seorang Introver

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang menganggap orang dengan kepribadian introver sebagai orang yang pemalu atau pendiam. Ini sering terjadi tetapi ini jelas bukan ciri secara keseluruhan. Terkadang sebagian orang merasa kesulitan melakukan komunikasi dengan seorang introver yang dianggap pemalu dan pendiam. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu untuk berkomunikasi dengan seseorang dengan kepribadian introver.

Berlatih Mendengarkan Secara Aktif

Tentu saja ekstrover suka jika dirimu mendengarkan secara aktif tetapi ada perbedaan yang halus dengan introver. Orang ekstrover suka mendapatkan perhatian orang lain sedangkan introver menyukai minat orang lain. Mereka ingin tahu bahwa mereka dipahami. Mengangguk, mencondongkan tubuh, dan mencatat, jika sesuai, adalah pertanda baik untuk mendengarkan secara aktif seorang introver.

Hormati Kebutuhan Privasi

Ini adalah privasi daripada kerahasiaan, terutama jika menyangkut detail pribadi. Orang ekstrover lebih nyaman di kantor terbuka tetapi orang introver  lebih rentan terhadap ketidaknyamanan di dalamnya. Jika dirimu akan terlibat dalam percakapan yang mungkin bersifat pribadi, undanglah orang yang introver ke ruang pribadi. Lakukan ini dan kemungkinan besar mereka akan lebih merasa nyaman.

Berbicara dengan Lebih Tenang

Introver tidak lambat tapi mereka membutuhkan waktu untuk memproses. Mereka lebih suka obrolan yang santai namun berbobot daripada membicarakan sesuatu yang tidak penting. Cobalah untuk mencari topik pembicaraan yang menarik.

Jangan Terkesan Memaksa Atau Menuntut Tanggapan

Introver tidak hanya menyukai jeda, mereka menyukai waktu untuk menganalisis. Mereka mendengar apa yang dirimu katakana. Jika perlu membuat keputusan atau pendapat, mungkin sulit bagi mereka untuk mendapatkn solusi yang tepat. Tanyakan apakah mereka perlu waktu untuk memikirkannya dan dapatkan kesepakatan kapan mereka akan memiliki waktu untukmu.

Tetaplah pada Topik Pembahasan

Orang ekstrover menyukai luasnya topik pembicaraan sehingga lebih nyaman melompat dari satu topik ke topik lainnya. Sedangkan introver menyukai kedalaman jadi lebih suka menjelajahi setiap topik lebih dalam sebelum melanjutkan ke topik berikutnya.

Terkadang memang sulit saat harus memulai pembicaraan dengan seorang introver yang cenderung menutup diri. Namun, ketika dirimu sudah mengenalnya dengan cukup baik maka mereka pasti akan lebih menyenangkan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading