Sukses

Lifestyle

5 Alasan Keterbukaan jadi Faktor Penting dalam Membangun Hubungan Baru

Fimela.com, Jakarta Sudah sering kita mendengar bahwa komunikasi yang baik perlu dimiliki agar hubungan bisa langgeng. Tapi komunikasi yang baik itu yang seperti apa? Salah satunya adalah dengan saling terbuka atau berkomitmen untuk jujur dari awal.

Teringat beberapa waktu lalu saya menonton serial Modern Love. Dalam salah satu episodenya ada cerita tentang sepasang pria dan perempuan yang melakukan kencan kedua mereka. Dalam kencan kedua itu, bukannya menghabiskan malam dengan cara romantis, mereka malah menghabiskan malam itu di rumah sakit karena sang pria mengalami cedera yang harus segera ditangani. Meski sama sekali jauh dari suasana romantis, dari situ keduanya malah saling terbuka satu sama lain. Untuk mengisi waktu selama di rumah sakit, keduanya saling mengobrol dan pada akhirnya saling mengungkap hal-hal yang tadinya masih dirahasiakan. 

Keterbukaan menjadi salah satu aspek penting dalam komunikasi saat membangun hubungan yang baru. Untuk membangun hubungan yang langgeng, komunikasi yang dibangun dengan landasan kejujuran dan keterbukaan memegang peranan yang sangat penting.

1. Keterbukaan Mencegah Munculnya Rasa Saling Curiga

Dengan saling jujur sedari awal hubungan, maka rasa saling curiga bisa dicegah. Misalnya, soal hubungan-hubungan yang pernah dijalin pada masa lalu atau mantan kekasih yang pernah dimiliki. Dengan memahami hal tersebut setidaknya kita bisa lebih mudah fokus untuk membangun hubungan ke depan, alih-alih terbebani dengan hal-hal yang sudah terjadi pada masa lalu.

2. Keterbukaan Memudahkan Hadirnya Sikap Saling Mengerti

Bayangkan bila sedari awal tidak ada komunikasi yang terbuka dan jujur. Maka, akan makin sulit untuk saling memahami satu sama lain. Setidaknya dengan mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai, kita bisa lebih mudah menempatkan diri saat berupaya membangun kompromi bersama. Sehingga bisa saling respek satu sama lain.

3. Keterbukaan Bisa Mencegah Pertengkaran Besar

Pertengkaran atau perdebatan bisa saja dialami oleh setiap pasangan. Namun, dengan bisa saling terbuka dalam berkomunikasi dan menyampaikan isi hati serta perasaan tanpa emosi berlebihan, maka pertengkaran besar bisa dicegah. Setidaknya setiap kali terjadi pertengkaran, penyelesaian masalah bisa dilakukan dengan kepala dingin.

4. Keterbukaan Menghadirkan Rasa Nyaman

Hal ini pun berkaitan dengan rasa saling percaya. Saat sudah bisa saling terbuka dan jujur satu sama lain, maka akan hadir rasa nyaman. Karena sudah bisa memahami karakter atau latar belakang satu sama lain, maka ketika saling berkomunikasi dan berbicara bisa terasa lebih mengalir. Kenyamanan yang ada pun bisa menjaga hubungan tetap harmonis. 

5. Keterbukaan Membantu Menciptakan Ruang 

Maksudnya adalah kita bisa tetap saling memberi ruang untuk menikmati hidup. Sebab ada kalanya kita butuh waktu untuk menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri. Dengan keterbukaan, kita tetap bisa mendapatkan waktu kita sendiri tanpa merasa mengkhianati atau mengabaikan pasangan. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, sudahkah membangun keterbukaan dengan pasangan di awal hubungan? Belumlah terlambat untuk memupuknya dari sekarang. Semoga hubunganmu pun bisa berjalan langgeng.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading