Sukses

Lifestyle

Cara Tepat Bersepeda yang Menunjang Kesehatan Jantung Berdasarkan Buku Saku

Fimela.com, Jakarta Penyakit jantung masih menjadi ancaman nomor satu dunia yang menjadi penyebab kematian. Di Indonesia sendiri setidaknya 15 dari seribu orang menderita penyakit jantung berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar pada 2018.

Untuk terhindar dari sejumlah penyakit jantung, ahli kesehatan merekomendasikan untuk rutin berolahraga. Sejumlah studi mengungkapkan bahwa olahraga selama 30 menit sehati dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

DR. Dr. Isman Firdaus, SpJP(K), FIHA, FAsCC, FAPSIC, FESC, FSCAI yang juga merupakan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) merekomendasikan untuk berolahraga setiap hari dalam seminggu. Minimal melakukan olahraga dengan intensita sedang sebanyak 5x dalam seminggu selama 30 menit.

Salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung adalah bersepeda. Bersepeda menjadi kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia di masa pandemi sekaligus memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Olahraga ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan angka penyakit kardiovaskular sebanyak 3-7%.

Memperingati World Health Day, Yayasan Jantung Indonesia mengeluarkan buku saku Cara Tepat Bersepeda untuk Kesehatan Jantung. Buku saku ini berisikan tips bersepeda yang aman untuk menunjang kesehatan jantung.

 

1. Kenali risiko terhadap serangan jantung

Jika kamu memiliki risiko terhadap penyakit kardiovaskular sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum memulai aktivitas bersepeda. Sementara, jika kamu bukan orang yang berisiko aktivitas bersepeda bisa kamu mulai secara bertahap dengan mempertimbangkan frekuensi, intensitas, waktu, dan jenis. Jangan abaikan jika ada tanda-tanda tidak biasanya karena akan mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

2. Pemeriksaan secara rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, terutama tekanan darah dan detak jantung secara rutin. Sebagai pemeriksaan awal, kamu bisa memanfaatkan smartwatch untuk mendeteksi detak jantung dan tekanan darah.

3. Istirahat cukup

Lakukan bersepeda secara bertahap bisa membantu menunjang kesehatan jantung. Kamu bisa berhenti sejenak jika merasa kelelahan dan jangan dipaksakan. Setelah selesai bersepeda, pastikan kamu mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

4. Bawa obat-obatan pribadi

Jika memiliki masalah jantung, pastikan untuk selalu membawa obat-obatan pribadi selama bersepeda. Gunakan tanda pengenal yang menginformasikan masalah jantung yang kamu miliki.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading