Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghilangkan Noda Lemak di Piring dan Alat Masak

Fimela.com, Jakarta Setelah makan dan memasak, biasanya ada lemak yang menempel di piring yang habis digunakan untuk makan. Lemak ini akan menempel di alat masak yang digunakan untuk memasak. Sehingga harus segera dibersihkan dan dicuci sampai bersih.

Sebenarnya mencuci piring dan alat masak adalah hal yang mudah dilakukan. Tetapi kalau dilakukan dengan cara yang tidak benar, maka akan menyebabkan lemak di piring dan alat masak tetap menempel. Kemudian akan memicu perkembang biakan jamur, kuman dan bakteri, yang bisa menyebabkan penyakit dan peralatan masak menjadi bau.

Menghilangkan noda lemak yang menempel di piring dan alat masak, harus dilakukan dengan benar sampai bersih sempurna, agar aman saat digunakan kembali untuk makan dan memasak. Menghilangkan noda lemak ini bisa menggunakan sabun cuci piring maupun bahan alami, yang sangat mudah digunakan. Berikut tips menghilangkan noda lemak di piring dan alat masak:

Tips Menghilangkan Noda Lemak yang Pertama Kali Harus Dilakukan

1. Membuang Sisa Makanan yang Menempel

Tips menghilangkan noda lemak yang pertama, yaitu dengan membuang sisa makanan yang masih menempel di piring dan alat masak. Pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel di piring dan alat masak. Kamu bisa membuang sisa makanan dengan sendok atau garpu di tempat sampah, agar tidak menyumbat wastabel dan menyebabkan bau tidak sedap.

2. Cuci Sendok dan Gelas Dulu

Karena piring dan alat masak memiliki bentuk yang besar dan terdapat banyak lemak yang menempel, kamu bisa mencuci sendok dan gelas dulu, karena bentuknya kecil dan lebih bersih maka harus didahulukan saat mencuci. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang menempel di piring dan alat masak, akibat penumpukan lemak dan sisa makanan. Setelah sendok, garpu dan alat minum bersih, kamu bisa mencuci piring dan alat masak yang penuh dengan lemak.

3. Gunakan Spon atau Sabut

Untuk menghilangkan noda lemak yang menempel di piring dan alat masak, kamu bisa menghilangkannya dengan spons metal atau sabut pencuci piring. Alat pencuci ini bisa mengangkat lemak dan sisa kotoran yang menempel di piring, sehingga piring dan alat masak bisa bersih dan bisa digunakan kembali.

Tips Menghilangkan Noda Lemak yang Selanjutnya

4. Rendam di Air Jeruk Nipis

Kalau masih ada noda lemak membandel yang menempel di piring dan alat masak, setelah digosok dengan spons dan sabun cuci piring, kamu bisa merendam piring dan alat masak dalam air perasan jeruk nipis kurang lebih selama 30menit. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, bisa membuat lemak luntur dan menghilangkan bau amis yang menempel di piring dan alat masak.

5. Bilas dengan Air Mengalir

Setelah direndam air perasan jeruk nipis, kamu bisa membilas piring dan alat masak dengan air yang mengalir, dan jangan lupa untuk membilas lagi dengan sabun cuci piring. Hal ini perlu dilakukan agar noda lemak yang menempel di piring dan alat masak benar-benar hilang, menghilangkan bau serta tidak menyebabkan kuman dan bakteri berkembang biak di piring dan alat masak.

Tips Menghilangkan Noda Lemak dengan Bahan Alami

Mencuci piring dan alat masak dengan sabun pencuci piring, belum tentu bisa menghilangkan noda lemak hingga bersih. Terkadang menghilangkan noda lemak hanya dengan sabun cuci piring, masih meninggalkan lemak dan bau yang tidak sedap.

Jika ada noda lemak yang membandel di piring dan alat masak, kamu bisa menggunakan air cuka untuk mengangkat noda lemak. Karena air cuka termasuk zat asam yang bisa mengangkat noda di piring dan alat masak, sama seperti air perasan jeruk nipis. Caranya dengan meneteskan air cuka ke piring dan alat masak yang ada noda lemaknya, lalu gosok sampai bersih dan bilas dengan air hangat.

Selain air cuka, kamu bisa menggunakan baking soda yang bersifat alkali untuk menghilangkan noda lemak di piring dan alat masak. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air hangat hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta ke spons, kemudian gosokkan ke noda lemak yang menempel di piring dan alat masak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading