Sukses

Lifestyle

3 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan selama Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Perubahan pola makan dan tidur saat berpuasa kerap membuat tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga. Karena itu, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi sangat disarankan agar menjaga tubuh tetap sehat selama puasa.

Salah satunya dengan mengonsumsi madu manuka. Madu manuka merupakan madu yang dihasilkan dari spesies pepohonan berbunga, pohon manuka asal Selandia Baru. Jenis madu ini terkenal akan sifat antibiotiknya yang kuat.

Methylglyoxal (MGO) adalah bahan aktif dalam madu manuka yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas efek antibakteri ini. Selain Methylglyoxal, madu manuka juga mengandung Dihydroxyacetone (DHA) dan Leptosperin. Maka tak heran, jenis madu ini disebut lebih unggul dari madu lainnya.

Berikut ini 3 manfaat mengonsumsi madu manuka bagi kesehatan, seperti yang dikutip dari keterangan pers New Zealand Trade & Enterprises.

1. Mengatasi maag saat puasa

Maag merupakan masalah pencernaan yang umum terjadi. Orang yang menderita penyakit ini harus makan dalam porsi kecil sering-sering, tetapi tentunya hal itu tidak mungkin dilakukan saat berpuasa.

Penyakit maag sebenarnya disebabkan oleh bakteri H.Pylori atau inflammatory bowel disease (IBD) atau peradangan di saluran usus. Dengan konsumsi rutin madu manuka dengan konsentrasi MGO yang tinggi minimal UMF 13+, dapat membunuh bakteri penyebab maag.

 

2. Mengatasi penyakit pernapasan

Madu manuka secara uji klinis telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis.

Menurut penelitian di Universitas Oxford, madu manuka mengandung hidrogen peroksida yang efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas (URTI) dibandingkan obat yang bisa kita beli di apotek.

3. Dapat mengatasi masalah kulit

Senyawa kimia madu manuka bersifat anti peradangan yang dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, kulit kering, dan bibir pecah-pecah. Selain itu, madu manuka juga bisa digunakan secara topikal pada permukaan kulit. Baik itu sebagai masker atau cuci wajah. Madu manuka akan memberikan kelembapan alami untuk kulit, sehingga terhindar dari kulit dehidrasi selama puasa.

 

*Penulis: Hilda Irach

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading