Sukses

Lifestyle

Terlihat Sepele, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Pengaruhi Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Tanpa disadari, begitu banyak sekali kebiasaan dalam hidup yang terlihat sepele namun sebenarnya bisa memengaruhi kualitas hidup bahkan masa depan seseorang. Beberapa kebiasaan buruk ini bahkan sudah tak asing dan sering dilakukan secara tak sadar. Agar kualitas hidup semakin baik, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan.

1. Kebiasaan Begadang

Orang yang bangun sampai larut malam bahkan tanpa alasan yang merupakan undangan terbuka untuk banyak masalah. Ini menyebabkan fase perubahan suasana hati yang lebih buruk, migrain, dan juga melemahkan sistem kekebalan.

Namun, akibat dari semua malam tanpa tidur itu lebih dari sekadar suasana hati yang buruk dan kurangnya fokus. Tidur yang buruk secara teratur membuat seseorang berisiko terkena kondisi medis yang serius, termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes, sehingga dapat memperpendek harapan usia seseorang.

2. Mencampuri Urusan Orang Lain

Setiap orang memiliki kehidupan mereka sendiri seperti yang kita miliki. Jangan ikut campur dalam hubungan orang lain. Jangan melibatkan dirimu dalam masalah yang bukan urusanmu. Jangan pernah mencoba dan berada di antara orangtua dan anak mereka, membuat pasangan memilih antara dirimu dan anak kecil mereka, atau masalah orang-orang di sekitarmu. Itu tidak menyebabkan apa-apa selain masalah yang tidak diinginkan dan masalah yang mengganggu pikiran.

3. Bertahan dalam Hubungan yang Tidak Sehat

Terus-menerus berada dalam dan menarik hubungan yang tidak sehat dapat merusak hidupmu karena tidak hanya berdampak negatif pada seluruh kesejahteraan dan kualitas hidupmu, hubungan tersebut juga tidak menawarkan apa pun yang bernilai untukmu. Hubungan yang penuh kekerasan atau hubungan yang tidak terpenuhi dan beracun, itu akan membuatmu berantakan total yang satu-satunya cara untuk menyembuhkan adalah terapi atau periode penyembuhan yang lama.

4. Membicaran Hal yang Negatif tentang Diri Sendiri

Ketika bahkan dirimu tidak percaya pada diri sendiri, dirimu telah kalah. Sebaliknya, bangun kebiasaan untuk mengubah dialog batin menjadi dialog yang positif dan konstruktif daripada yang merugikan. Meninggalkan perkataan yang dapat menjatuhkan diri sendiri dan menggantinya dengan hal yang sebaliknya akan menjadikan hidupmu lebih berkualitas.

5. Berpikir secara Berlebihan (Overthinking)

Berlebihan dalam segala hal selalu berbahaya, termasuk berpikir. Terkadang, pemikiran berlebihan menjadi penyebab rusaknya hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita yang lebih buruk dari apapun. Jadi berhentilah berpikir berlebihan, biarkan orang lain mengemukakan pendirian mereka, dan kemudian buat penilaian dan keputusan apa pun berdasarkan realitas pendirian mereka.

Selain beberapa hal di atas juga ada kebiasaan buruk lainnya yang harus ditinggalkan, seperti pola makan dan hidup yang tidak sehat, terlalu banyak melamun, sedikitnya me time dan lain sebagainya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading