Ini Alasan Pria Sering Salah Paham Kamu Tertarik Padanya, Padahal Tidak Sama Sekali

Febi Anindya Kirana10 Mei 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 17:15 WIB
perempuan stres memegang ponsel

Fimela.com, Jakarta Jika membicarakan ketertarikan terhadap lawan jenis, jatuh cinta hingga sinyal cinta yang mungkin dikirimkan seseorang kepada sosok yang disukainya, bisa jadi ada banyak salah paham yang mungkin diterima banyak orang, terutama pria.

Seringkali, karena kamu berusaha bersikap baik padanya atau mencoba tidak menolak secara kasar, ia merasa kamu memiliki hati padanya. Pada akhirnya ia terus saja mengejarmu. Namun mengapa pria bisa mudah sekali salah paham? Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Penelitian yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menemukan bahwa otak pria diprogram untuk memanfaatkan setiap kemungkinan dan kesempatan untuk bereproduksi karena fenomena yang dikenal sebagai Error Management Theory.

Bersikap baik bisa dikira suka

pria menggoda perempuan
ilustrasi pria catcalling/copyright by Rommel Canlas (Shutterstock)

Penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam SAGE Journals ini menemukan bahwa otak pria berevolusi dengan cara sedemikian rupa sehingga menyebabkan mereka menangkap sinyal yang salah ketika seorang perempuan bersikap baik kepadanya dengan pemahaman pihak perempuan juga menyukainya.

Studi ini juga mendapatkan respon dari para perempuan yang mengatakan bahwa menurut pengalaman mereka, bersikap ramah terhadap seorang pria memang sering disalahartikan sebagai keinginan menjalin hubungan cinta atau bahkan melakukan hubungan seksual.

Jadi sebenarnya tidak mengejutkan jika kemudian banyak perempuan memilih untuk mengabaikan pria yang menggoda mereka atau bahkan tampak angkuh dan jutek di hadapan pria tertentu karena perempuan sebenarnya ingin mendeklarasikan dengan jelas bahwa 'aku tak suka padamu'.

Beda pemahaman inilah yang mungkin pada titik tertentu menciptakan istilah Men Are from Mars, Women Are from Venus ya Sahabat Fimela. Karena ternyata cara perempuan dan pria memahami ketertarikan terhadap lawan jenis memang cukup berbeda.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021