Mengidap Gangguan Makan, Demi Lovato Ingatkan Fans untuk Bijak Mengomentari Berat Badan

Hilda Irach31 Mei 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 14:00 WIB
Mengidap Gangguan Makan, Demi Lovato Ingatkan Fans untuk Bijak Mengomentari Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Demi Lovato selalu terbuka dengan kondisi kesehatannya, terutama tentang masalah pemulihan gangguan makan yang telah diidapnya sejak dulu. Penyanyi yang baru-baru ini mengaku sebagai non binary ini mengungkapkan bagaimana komentar tertentu bisa menjadi pemicu gangguan makan seseorang.

Melalui akun Instagram pribadinya, Demi Lovato mengatakan, bahwa memuji seseorang atas penurunan berat badannya bisa sama bahayanya dengan mengomentari kenaikan berat badan seseorang yang sedang dalam masa pemulihan gangguan makan.

“Jika kamu tidak mengetahui sejarah seseorang dengan makanan, mohon jangan mengomentari tubuhnya. Karena meskipun niat kamu  murni, itu mungkin membuat orang itu terjaga pada jam 2 pagi karena terlalu memikirkan pernyataan itu, ” tulis Demi Lovato, dalam akun Instagram @ddlovato.

Mengapa mengomentari berat badan berpengaruh terhadap mental seseorang?

Mengidap Gangguan Makan, Demi Lovato Ingatkan Fans untuk Bijak Mengomentari Berat Badan
Demi Lovato ingatkan fans mengomentari berat badan bisa menggagalkan pemulihan gangguan makan seseorang. (Foto: Unsplash.com/Anthony Tran).

Melansir dari very well health, melontarkan komentar kritis tentang bentuk tubuh dapat menyebabkan banyak konsekuensi negatif. Termasuk di antaranya depresi, kecemasan, gangguan stres pasca trauma, hingga kenaikan berat badan.

Komentar negatif yang tidak diinginkan tentang berat badan juga dapat menyebabkan harga diri seseorang menjadi rendah. Perlu diketahui, mengomentari tubuh orang lain melanggar batasan pribadi dan bisa sangat berbahaya jika mereka pulih atau tengah mengalami gangguan makan.

Faktanya, ada banyak alasan mengapa tubuh seseorang bisa berubah secara tidak sengaja, termasuk sebagai akibat dari gangguan makan atau pemulihan gangguan makan serta kesehatan mental dan kondisi kesehatan kronis lainnya .

Jika kamu tidak tahu mengapa seseorang menurunkan berat badan, memuji tubuh orang itu dapat memicu pikiran dan perasaan yang mengganggu seperti yang dijelaskan Demi Lovato.

Komentar berat badan berisiko mengganggu pemulihan gangguan makan

Mengidap Gangguan Makan, Demi Lovato Ingatkan Fans untuk Bijak Mengomentari Berat Badan
Demi Lovato ingatkan fans mengomentari berat badan bisa menggagalkan pemulihan gangguan makan seseorang. (Foto: Unsplash.com/Thought Catalog).

Secara umum lebih baik untuk tidak memberikan komentar yang tidak diminta tentang tubuh orang lain, bahkan jika kamu merasa sedang membantu atau memuji.

Seperti yang dijelaskan Demi Lovato dalam Instagramnya, pemulihan gangguan makan adalah proses berkelanjutan yang memerlukan kerja terus-menerus. 

Komentar tentang penurunan berat badan dapat menggagalkan kemajuan itu. “Saya masih berjuang. Ada periode waktu di mana saya lupa tentang gangguan makanan saya dan di waktu lain hanya itu yang saya pikirkan. Tetap saja. ”tulis Lovato.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021