Sukses

Lifestyle

Jarang Rontok, Ini Alasan Bulu Kucing Ragdoll Bertebaran di Sekitar Rumah

Fimela.com, Jakarta Menemukan helaian bulu yang menempel di baju, kasur, makanan, dan ke manapun pergi jadi hal biasa bagi pemilik kucing berbulu panjang. Tapi ada beberapa ras anabul yang lebih jarang mengalami kerontokan, salah satunya kucing Ragdoll.

Tanpa undercoat, hewan peliharaanmu ini tetap berganti bulu, tapi nggak seperti kebanyakan kucing lainnya. Sayangnya, akhir-akhir ini kamu mendapati bulunya rontok lebih banyak dan bisa jadi ini alasannya.

Iklim yang Hangat

Bulu kucing seringkali rontok mengikuti musim atau kondisi cuaca. Iklim yang lebih hangat bisa mendorong terjadinya kerontokan bulu yang lebih parah, meskipun tanpa lapisan bawah atau undercoat. Selain itu, jika anabul berada di rumah dengan penghangat maka bulunya akan lebih mudah terlepas.

Gaya Hidup

Kebanyakan Ragdoll menjadi kucing rumahan sehingga kerontokannya terlihat lebih nyata mengotori lantai dan berbagai permukaan di rumah. Sebaliknya, anabul yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan secara alami melepaskan sebagian bulunya saat berguling-guling di tanah atau jalanan.

Rutin Menyisir Bulu

Meskipun memiliki bulu yang cukup panjang, kucing Ragdoll lebih minim perawatan dibandingkan ras lainnya. Tapi sebaiknya jadwalkan untuk menyisirnya setiap beberapa hari sekali. Melakukan grooming secara teratur dapat membantu mengurangi kerontokan bulu Ragdoll dan dapat mencegah gangguan kesehatan akibat hairballs.

Mulailah rutinitas menyikat bulunya sejak dini setiap hari dan jadikan aktivitas yang menyenangkan bersama hewan peliharaan. awali dengan nada manis dan panggil Namanya, lalu duduk di lantai bersamanya. Sikat dengan lembut ke arah bulunya tumbuh dari kepala ke ekornya, dan jangan lupa bagian, kaki atau ekornya.

Jadwal Mandi

Walau kucing rutin membersihkan dirinya sendiri dengan lidah yang didesain unik, anabulmu masih butuh campur tangan pemiliknya untuk memandikannya. Pasalnya, kotoran yang menempel maupun bulu yang kusut dan berminyak bikin kerontokan semakin parah.

Tidak seperti ras kucing lainnya, Ragdoll lebih mudah dimandikan jika kebiasaan ini dimulai dari awal. Pijatkan sampo khusus hewan peliharaan yang berformula lembut ke bulunya, lalu bilas sampai bersih. Bungkus anabulmu dengan handuk untuk menyerap kelebihan air. Keringkan bulunya dengan hair dryer atau tempatkan anabulmu di tempat yang mendapat sinar matahari. Idealnya, mandikan kucingmu sebulan sekali untuk menjaga keindahan bulunya.

Pola Makan

Seperti ras kucing lainnya, Ragdoll membutuhkan pola makan yang sehat dan seimbang. Pastikan untuk memberikan makanan yang ideal, kaya akan asam lemak Omega 3, protein, vitamin, dan mineral yang berperan besar dalam kesehatan bulunya. Ragdoll yang kekurangan nutrisi akan kehilangan lebih banyak bulu dari yang seharusnya.

Jangan sampai kucing kesayanganmu kekurangan nutrisi yang penting, berikan makanan yang tepat seperti Muezza. Brand makanan kucing kering ini dibuat dari bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik. Sehat dan halal, dapatkan cat food berkualitas ini secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading