6 Bahaya Berhubungan Kembali dengan Mantan Saat Menikah

Novi Nadya13 Jun 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 10:00 WIB
Risiko Pasangan Berselingkuh Lebih Besar

Fimela.com, Jakarta Berhubungan kembali dengan mantan saat menikah adalah wilayah yang sangat sulit sebab mereka pernah menjadi bagian integral hidup kita. Keinginan untuk mempertahankan hubungan atau menghidupkannya kembali bahkan setelah bertahun-tahun adalah wajar.

Tetapi dengan kemungkinan emosi yang belum terselesaikan ikut bermain, kita harus berpikir panjang; Apakah berhubungan kembali dengan mantan adalah ide bagus?

Sebab kamu bermain-main dengan api yang bisa memberangus pernikahan. Psikolog Konseling Kavita Panyam memberi pemahaman yang lebih jelas tentang risiko dan jebakan yang perlu diperhatikan saat berhubungan kembali dengan mantan.

1. Keterikatan emosional yang dalam

Saat berhubungan kembali dengan mantan, risikonya bisa berubah menjadi ikatan emosional yang mendalam dan tidak dapat dilebih-lebihkan. Tanda bahaya yang membuat kamu terikat secara emosional dengan mantan yang terhubung kembali adalah sering mengirim pesan, telepon selama berjam-jam, dan urgensi menanggapi teks mereka secara instan.

"Dari pesan teks ke video call berlanjut ke konteksi romantis, semua bisa kembali dibangun secara cepat dan bisa lepas kendali. Lalu mulai memengaruhi keadaan emosi, pernikahan, dan kehidupan," ujar Psikolog Konseling Kavita Panyam.

 

 

2. Pelanggaran kepercayaan dalam pernikahan

dijadikan selingkuhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/fizkes

Saat kamu berhubungan kembali dengan mantan, tentu tak akan memberitahu pasangan. Sebaliknya kamu akan membersihkan jejak interaksi di ponsel.

Saat mulai merasa perlu menyembunyikan sesuatu dari pasangan, itu merusak unsur kepercayaan. Tanpa kepercayaan dan transparansi, kamu tidak dapat berharap untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan pasangan.

 

 

3. Risiko perselingkuhan

Apakah berhubungan kembali dengan mantan adalah ide bagus yang kemungkinannya mengarah ke perselingkuhan? Bisa jadi mereka melakukannya karena penasaran atau untuk menutupi kekurangan dalam pernikahan atau hanya mempertahankan bagian dari diri mereka yang sudah tak ada lagi.

Berhubungan kembali dengan mantan saat menikah sama dengan menyalakan kembali api lama. Cepat atau lambat emosi laten dapat muncul ke permukaan dan mengarah ke hubungan yang panas dan penuh gairah.

 

4. Tidak menghormati pasangan

Berbicara dengan mantan saat menikah atau bertemu secara rahasia mengirimkan pesan kamu tidak puas dengan pasangan dan pernikahan. Pertanyaan tentang apa yang membuat kamu merespons atau menjangkaunya pasti akan muncul di beberapa titik. 

Saat itu terjadi, akhirnya kamu akan membahas masalah pernikahan dengan orang ketiga. Tentu hal itu tidak menghormati pasangan alih-alih curhat ke mantan.

 

 

5. Dampak pada keluarga

"Tiap kali masalah berhubungan kembali dengan mantan saat menikah muncul, banyak orang berpendapat jika mereka tak bahagia dengan pernikahannya. Pada saat yang sama, terlibat dengan mantan saat menikah akan berdampak pada semua orang yang terlibat, pasangan masing-masing, anak jika ada, keluarga, dan sebagainya," ujar Kavita.

 

 

6. Transaksi keuangan yang salah

Saat kembali terhubung dengan mantan dan kamu memberi tempat khusus untuknya, pasti tak akan keberatan jika ia meminta atau meminjam uang. Secara naluriah, kamu akan memberikannya tanpa memikirkan bisa saja mereka penipu. 

Banyak kasus di mana para mantan terlibat dalam urusan keuangan, pastinya membuat situasi menjadi buruk dengan sangat cepat.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓