Dorong Masyarakat Jadi Konsumen Pintar Saat Belanja Online dengan Cara Mudah

Adinda Tri Wardhani12 Jun 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online

Fimela.com, Jakarta Di era digital, belanja online menjadi solusi utama untuk mempermudah setiap individu memenuhi kebutuhan dengan praktis. Selain menghemat waktu, belanja online juga dapat mempermudah konsumen untuk mencari perbandingan harga dan pilihan produk dalam satu waktu secara daring.

Kemudahan dan luasnya ragam pilihan produk yang tersedia di marketplace seperti e-commerce dan platform online lainnya membuat belanja online diminati konsumen Indonesia. Mengutip Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, transaksi belanja online e-commerce masyarakat Indonesia mampu mencapai USD 32 miliar dan diprediksi akan meningkat hingga USD 124 miliar di tahun 2025 nanti. Selaras dengan data tersebut, laporan “Digital Buyer Penetration in Indonesia from 2017 to 2025” dari Statista.com, juga menjelaskan bahwa penetrasi e-commerce akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 77% populasi masyarakat Indonesia di tahun 2025. 

Tingginya transaksi belanja online memiliki dampak positif baik bagi konsumen dan juga ekonomi Indonesia, namun kesadaran masyarakat akan praktik smart buying masih rendah. Daya beli masyarakat yang semakin kuat harus diimbangi dengan literasi konsumen yang baik agar menghindari perilaku konsumtif. Literasi konsumen dapat menyeimbangkan keinginan konsumen dengan pengetahuan dan informasi yang tersedia agar konsumen dapat memilih produk yang tepat bagi mereka. 

Melihat aktivitas belanja online yang tak hanya menjangkau masyarakat di kota besar, Freebees.id menghadirkan platform untuk mengajak masyarakat umum di seluruh penjuru Indonesia menjadi anggota komunitas konsumen. Keuntungannya beragam, konsumen dapat mencoba produk secara gratis dan memberikan ulasan atas produk tersebut.

Komunitas Freebees.id akan membantu calon konsumen mengambil keputusan pembelian tepat di tengah luasnya pilihan produk yang tersedia di pasar. Tak hanya itu, hal ini juga semakin mendorong masyarakat Indonesia untuk menjadi smart consumer.

 

“Konsumen Indonesia telah dimanjakan oleh banyaknya pilihan ragam jenis produk yang tersedia di pasar. Namun seringkali konsumen dihadapkan dilema memilih produk mana yang terbaik untuk mereka. Di situ wawasan informasi produk seperti ulasan dan testimoni organik dari konsumen menjadi aset berharga calon konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Freebees.id menjadi platform wadah berkumpulnya konsumen membangun satu komunitas yang membantu konsumen lain mengurangi spekulasi sehingga mendorong masyarakat menjadi smart consumer dengan membeli produk sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.” ujar Retno Kumala Dewi selaku Business Director Freebees.id

 

Beragam program menarik

Freebees.id
100.000 anggota yang kian aktif mencoba produk dan berpartisipasi membangun wawasan informasi produk hingga membantu masyarakat luas menjadi smart consumer/ Freebees.id

Seluruh pengguna berusia minimal 17 tahun dapat mendaftarkan diri untuk segera mencoba produk secara cuma-cuma. Produk akan dikirimkan Freebees.id kepada pengguna dengan timbal balik ulasan, penilaian, dan komentar. Selain mencoba produk, Freebees.id juga memiliki program focus group discussion atau survey mengenai produk tertentu yang diberikan kepada pengguna dengan demografi sesuai fungsi produk tersebut. Melalui program focus group discussion atau survey, pengguna dapat menerima insentif berupa voucher atau dana atas partisipasi mereka.

Freebees.id telah memiliki 100.000 anggota yang kian aktif mencoba produk dan berpartisipasi membangun wawasan informasi produk hingga membantu masyarakat luas menjadi smart consumer. Semakin banyaknya anggota yang terdaftar dan memberikan ulasan, maka semakin luas sumber informasi masyarakat sebagai acuan pengambilan keputusan pembelian. 

Mencoba produk secara cuma-cuma di Freebees.id
Mencoba produk secara cuma-cuma di Freebees.id
Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021