Sukses

Lifestyle

Langkah Mudah Bantu Kucingmu Out of The Box dan Berpetualang di Alam Terbuka

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah petualang alami dengan sifatnya yang ingin tahu, suka bermain, dan berjiwa liar. Buat yang punya passion berpetualang di alam terbuka, nggak ada salahnya mengajak teman berbulumu untuk ikut serta. Jika menunjukkan tanda-tanda siap melihat dunia luar, ada beberapa tips untuk memastikan pengalaman terbaik untuk hewan peliharaan dan pemiliknya.

Kunjungi Dokter Hewan

Sebelum membiarkan kucingmu keluar, kunjungi dokter hewan untuk memastikan vaksinasi yang diterima kucing sudah lengkap, begitu juga pencegahan kutu dan parasit. Kucing yang tidak pernah meninggalkan rumah biasanya jarang terkena parasit atau penyakit mematikan seperti Leptospirosis, infeksi bakteri yang ditularkan melalui sumber air yang terinfeksi. Sebaliknya, anabul yang berpetualang kealam terbuka lebih rentan mengalaminya.

Tali Kekang Berkualitas

Kucing menggeliat dan dapat masuk maupun keluar dari tempat yang menurutmu sulit dilakukan. Harness yang dipilih harus pas dan nyaman, misalnya berupa rompi yang dirancang khusus untuk kucing. Pilih yang berkualitas dengan bahan yang cukup kuat maupun waterproof.

Jangan kaget saat kucingmu mendadak mogok berjalan saat pertama kali dipasangi tali kekang. Berikan waktu pada anabul untuk menyesuaikan diri, misalnya memasang harness di dalam ruangan selama 15 menit setiap hari dan tingkatkan durasi pemakaiannya. Setelah terbiasa memakai tali, bawa kucing ke halaman atau sudut taman yang tenang. pelatihan menggunakan tali bisa cukup rumit, tapi kebanyakan kucing terbiasa dengan rutin latihan.

Persiapan Matang

Tentukan petualangan seperti apa yang akan dilakukan bersama kucingmu dan lakukan persiapan. Bawa carrier jika memutuskan akan melakukan perjalanan kaki yang cukup jauh, atau bawa apa yang dibutuhkan saat berkemah.

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mengetahui masalah apa yang harus diwaspadai dan bersiap menghadapi kemungkinan bahaya seperti satwa liar. Jangan lupa juga untuk mengemas air, makanan, dan obat apa pun yang mungkin dibutuhkan kucing selama perjalanan.

Berikan Reward

Kucing merespons penguatan positif dengan baik, baik berupa pujian, belaian, hingga treat sebagai reward. Pastikan untuk memperhitungkan pemberian camilan dalam jatah kalori harian mereka. Pilih dry food yang praktis dan mudah dibawa ke manapun pergi.

Selain fisiknya, perhatikan juga nutrisinya yang kaya protein untuk memberikan banyak tenaga pada anabul untuk bergerak aktif. Begitu juga vitamin dan nutrisi lainnya yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaanmu.

Ingin menjajal petualangan yang berkesan di alam terbuka bersama kucingmu? Kemasan Muezza yang praktis dan halal untuk dibawa ke mana pun pergi, tanpa bikin pemilik anabul merasa was-was. Brand dry food berkualitas ini juga mengandung nutrisi yang sehat dan seimbang, dalam 4 varian rasa lezat. Dapatkan stok Muezza di marketplace andalanmu, seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading