Haruskah Mengundang Mantan di Hari Pernikahan?

Baiq Nurul Nahdiat14 Jun 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 16:15 WIB
pernikahan undangan

Fimela.com, Jakarta Dalam pernikahan seseorang biasanya akan mengundang keluarga, kerabat atau teman-teman lama. Namun, bagaimana dengan mantan? Haruskah mengundannya? Ini bisa menjadi dilema orang yang akan menikah. Agar tidak bingung mau mengundang atau tidak di hari pernikahanmu, berikut adalah beberapa kondisi yang memperbolehkanmu mengundang mantan atau sebaliknya. Apa saja itu? Ini dia ulasannya.

Boleh mengundang mantan dengan alasan...

pasangan bahagia menikah
ilustrasi pasangan cinta/Photo by James Ampong Quilario from Pexels

Inilah kondisi yang memperbolehkanmu mengudang mantan:

1. Kalian berteman dengan baik

Jika kamu dan mantan memang sudah benar-benar berdamai, tak terbawa perasaan satu sama lain atau tidak terlibat masalah di masa lalu atau lainnya. Bagaimanapun, mereka adalah bagian besar dari hidupmu pada satu titik, dan membantu membentukmu menjadi orang yang dicintai oleh calon pasanganmu saat ini. Jadi tak ada salahnya untuk mengundang mereka ke pernikahanmu, terlebih jika kalian berdua juga sudah punya pasangan masing-masing.

2. Mereka menjadi bagian dari grup atau pertemananmu

Jika kamu sudah melewati masa putus cinta yang menjengkelkan dan saat ini kehidupanmu menjadi lebih baik, kamu tak perlu khawatir untuk mengundang mantan ke pernikahanmu. Terlebih jika dia adalah bagian dari pertemananmu yang masih terjalin, entah itu grup teman sekolah atau kuliah. Tidak apa-apa untuk tetap menjalin pertemanan selama tidak ada masalah yang serius di antara kalian.

3. Mereka memiliki hubungan dengan temanmu

Tak ada yang tahu kisah cinta jadinya akan seperti apa, dan bisa jadi mantanmu mungkin berpacaran dengan seorang temanmu. Dan itu berarti pasangan temanmu adalah temanmu juga. Sehingga wajar saja untuk mengundang mereka ke acara pentingmu. Ini juga membuktikan bahwa kalian tetap menjaga persahabatan, terlepas dari masalah di masa lalu.

Jangan mantan, dengan alasan...

pasangan menikah
ilustrasi pasangan bahagia/photo created by Racool_studio - www.freepik.com

Inilah kondisi yang menyarankan sebaiknya tidak mengundang mantan di hari pernikahan:

1. Ingin balas dendam atau membuat mereka cemburu

Menggunakan pernikahanmu sebagai "Saya menang!" kartu truf tidak terlihat bagus. Kamu mungkin dapat mencintai pasangan barumu dan benar-benar bahagia dengan pernikahan, namun di sisi lain masih mendapatkan kepuasan karena mantanmu akan cemburu dengan hal itu. Ini bukanlah alasan yang baik untuk mengundang seseorang. Karena kamu tidak perlu bersenang-senang dengan dorongan kesengsaraan seseorang, ini tidak baik untuk psikologismu.

2. Masih tidak akur dengannya

Jika menurutmu suasana mesra di hari pernikahan akan menjadi tempat yang tepat untuk melakukan gencatan senjata dengan mantan setelah bertahun-tahun tidak akur, pikirkan lagi. Sekali lagi, pernikahanmu adalah tentang dirimud dan pasangan, bukan hubungan dengan mantan. Jadi, jangan melalui pernikahan yang seharusnya penuh dengan perasaan emosional dan mengaitkannya dengan perasaan di masa lalu yang belum selesai. Saat ini fokuslah pada hidup barumu dengan pasangan dan kamu tak harus bertanggung jawab atas kekacauan di masa lalu.

3. Kamu merasa tidak nyaman

Mungkin kamu dan mantan menjalin hubungan yang baik, memiliki beberapa teman yang sama, atau tinggal di lingkungan yang sama. Tapi, meski begitu, mungkin ada sesuatu dalam dirimu yang membuatmu merasa tidak nyaman untuk mengambil langkah besar dengan mengundang mantan ini ke pernikahan. Apa pun itu, kamu tidak perlu menjelaskannya kepada siapa pun, ada banyak beban emosional yang menyertai putus cinta, dan itu bisa terasa aneh membawa beban itu ke dalam hubunganmu saat ini pada tahap apa pun, terutama ke acara yang sama pentingnya dan bermakna seperti pernikahan.

Sebenarnya memang tidak ada kewajiban untuk mengundang mantan di hari pernikahanmu, apalagi jika hanya didasari pada perasaan tidak enak. Tetapi jika memang kalian sudah berdamai satu sama lain, berteman seperti biasa dan tak ada dendam, maka tak ada salahnya untuk tetap mengundang mereka di hari bahagiamu.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela