6 Tips yang Dapat Dilakukan Sebelum Menyelesaikan Masalah dengan Bantuan Konselor

Gayuh Tri Pinjungwati17 Jun 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 09:15 WIB
Partner

Fimela.com, Jakarta Setiap orang melewati fase dalam kehidupan di mana pernikahan mereka berada puncak masalah. Betapapun kerasnya dirimu mencoba untuk mempertahankannya, itu bisa berakhir berantakan. Menjaga pernikahan tetap sehat bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan upaya bersama untuk menjaga romansa hubungan tetap hidup. Kebanyakan pasangan, yang berjuang dengan pernikahan mereka, memutuskan untuk pergi ke konselor pernikahan. Jadi, inilah beberapa tips konseling pernikahan yang akan membantumu memiliki sesi konseling yang lebih baik dan membawa perubahan dalam hubunganmu.

Hormati Kebutuhan Satu Sama Lain

Penting untuk memberi pasanganmu ruang yang mereka butuhkan. Pada saat yang sama, dirimu harus memberikan dukungan emosional kepada pasangan selama masa-masa sulit. Harus ada saling menghormati kebutuhan satu sama lain. Jika pasanganmu ingin menemui konselor, hargai keputusannya.

Memperdebatkan

Jangan merasa malu atau ragu untuk mengatakan apa pun di depan konselor. Berdebat jika perlu. Ini juga akan membantu konselor untuk memahami masalah dengan cara yang lebih baik dan melihat ikatan yang kalian berdua bagikan.

Menerima Argumen

Partner
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Seksan.TH

Ketika pasanganmu menunjukkan kesalahan, terima dan bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang dirimu buat. Ingat dirimu ada di sana karena suatu alasan, jadi manfaatkan sepenuhnya. Menerima kesalahanmu akan membantu konselor untuk memecahkan masalah lebih cepat. Jika dirimu tidak mau bertanggung jawab, konseling tidak ada gunanya.

Lakukan Riset

Carilah konselor pernikahan terbaik, tanyakan kepada seseorang yang memiliki pengalaman. Dirimu harus merasa nyaman dengan konselor untuk mencapai kesuksesan. Carilah seseorang yang penyayang dan ramah.

Konseling Individu

Tidak apa-apa untuk pergi ke konseling pernikahan sendirian jika pasanganmu tidak siap atau tidak mau datang. Jika dirimu dapat mengubah diri sendiri, itu akan membuat banyak perbedaan. Jika konseling dapat membantumu menjadi orang yang lebih baik, itu dapat membawa perubahan besar bagimu dan pasangan.

Jangan Terpaku pada Masa Lalu

Penting untuk fokus pada masa kini dan melepaskan masa lalu. Jika dirimu tetap berpegang pada sesuatu yang dikatakan pasangan 10 tahun yang lalu, penasihat pernikahanmu tidak akan dapat membantumu. Bicara tentang masalah saat ini, memaafkan adalah bagian tak terpisahkan dari pernikahan.

Sebelum menggunakan jasa konselor, ada baiknya untuk membicarakan masalah tersebut berdua dengan pasanganmu. Cobalah lebih tenang dan jangan terlalu emosi.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021