Berjalan Kaki, Kegiatan Sederhana yang Menyehatkan Jantung

Adinda Tri Wardhani19 Jun 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 19 Jun 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Olahraga

Fimela.com, Jakarta Untuk meningkatkan kesehatan jantung tidaklah sulit. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memulai hidup sehat yang didampingi dengan gaya hidup aktif. Penting untuk diketahui, banyak penelitian medis menunjukkan bahwa olahraga teratur baik untuk kesehatan. Salah satunya dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki bukan hanya merupakan olahraga yang murah dan mudah, tapi juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan jantung dan tubuh. Manfaat lain dari berjalan kaki yang bisa dirasakan antara lain menurunkan berat badan, mencegah risiko penyakit, hingga mengurangi stres.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan memiliki dampak signifikan untuk menurunkan peluang terkena penyakit jantung. 

“Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas lain yang lebih berat. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Selain itu banyak studi membuktikan berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen”, ujar Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Esti Nurjadin.

Dalam rangka memeriahkan Olympic Day 2021 Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bersama dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menggelar 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk yaitu kegiatan berjalan santai sejauh 2020 langkah (1,54 KM) yang bisa diikuti oleh siapapun dan kapanpun. Proses kegiatan berjalan 2020 langkah ini hanya dapat dilakukan selama rentang waktu 19 – 23 Juni 2021. 2020 langkah adalah jarak yang ditempuh dalam waktu sekali berjalan (bukan merupakan akumulasi). 

2020 Steps Virtual Olympic Day Walk

Menambah Energi Cadangan pada Tubuh
Ilustrasi Berolahraga Credit: unsplash.com/Christine

Untuk dapat mengikuti kegiatan 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk ini, peserta hanya membutuhkan aplikasi sport tracker yang dapat menampilkan riwayat berjalan seperti tanggal, catatan waktu, dan jarak. Kegiatan berjalan dapat dilakukan dimanapun di seluruh Indonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

“Selain sebagai salah satu cara untuk hidup sehat, kegiatan 2020 Steps Virtual Olympic Day Walk dalam Olympic Day 2021 Indonesia ini bisa dijadikan momentum untuk memberi dukungan kepada para atlet nasional yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo tahun ini. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjadi penyemangat masyarakat Indonesia dalam menyambut olimpiade”, ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari.

“Peserta juga diharapkan mengabadikan proses saat mereka melakukan kegiatan berjalan sejauh 2020 langkahnya karena peserta dengan foto dan keterangan foto yang menarik bisa memenangkan berbagai hadiah menarik. Hal ini dimaksudkan agar semua peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa merasakan semangat dan sportifitas seperti layaknya sedang mengikuti olimpiade sekaligus menerapkan hidup sehat dalam keseharian mereka,” tutup Esti.

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021