Resep Donat Simple Amatiran Empuk dan Anti Gagal

Febi Anindya Kirana17 Jun 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 11:15 WIB
donat simpel

Fimela.com, Jakarta Membuat donat yang simple sebenarnya sangat mudah. Tidak butuh banyak bahan dan cara membuatnya juga cukup sederhana. Daripada membeli donat di luar sana dengan harga mahal, yuk belajar membuat donat sendiri yang simpel. Ini dia resep yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 500 gr tepung terigu cakra
  • 150ml air
  • 1 bungkus ragi instan fermipan
  • 3 butir kuning telur
  • 9 sdm gula pasir
  • 6 sdm margarin
  • 1 sdm SP

Toping:

  • meses, margarin, keju parut atau gula bubuk secukupnya

Cara Membuat:

donat tanpa telur
ilustrasi donat gula/copyright by New Africa (Shutterstock)
  1. Campurkan 1 sdm gula pasir dengan ragi dan air. Aduk hingga larut, diamkan selama 5 menit, jika mengembang atau berbusa, tanpa ragi masih aktif dan siap digunakan. 
  2. Campurkan telur dengan terigu. Tuang air ragi, aduk rata hingga kalis. 
  3. Masukan margarin dan SP, uleni lagi hingga tercampur rata. Jika adonan terlalu basah atau lembek, taburi terigu sedikit demi sedikit hingga tidak terlalu lembek.
  4. Bulatkan adonan dan diamkan di dalam wadah selama 45 menit. Tutup menggunakan kain dan letakkan di area yang teduh atau gelap.
  5. Jika sudah mengembang dua kali lipat, ulen sesekali lalu bagi adonan menjadi 20 bagian. Bulatkan dan letakkan di atas kertas roti. Tata dan tutup dengan kain selagi menyelesaikan lainnya.
  6. Adonan akan mengembang dengan sendirinya lagi. Panaskan minyak cukup banyak. Jika sudah panas, tusuk bagian tengahnya sedikit menguunakan jari atau sumpit, lalu goreng adonan menggunakan api sedang cenderung kecil agar tidak gosong.
  7. Balik sekali ketika sudah kecokelatan. Angkat setelah mengembang dan tampak matang merata. Angkat.

Sajikan donat simple dengan toping favorit. Kini kamu tidak harus beli donat lagi di luar jika bisa membuat sendiri di rumah.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021