Penelitian Menyebutkan, Cinta Tak akan Bertahan Tanpa Pengorbanan

Febi Anindya Kirana17 Jun 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 15:15 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Hubungan cinta memang butuh banyak faktor pendukung untuk bisa bertahan. Perasaan cinta saja tidak cukup, pasangan yang menjalani hubungan juga butuh kecocokan sifat atau mungkin kestabilan finansial untuk mencegah adanya masalah di dalam pernikahan.

Satu lagi yang mungkin tidak kalah penting dalam memertahankan suatu hubungan cinta, yaitu pengorbanan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior menemukan bahwa tanpa adanya komitmen dan pengorbanan, maka cinta tak akan bisa bertahan.

Pengorbanan dibutuhkan dalam hubungan cinta

karakter zodiak
ilustrasi pasangan cinta/copyright by Ba Tik (Pexels)

Penelitian yang dilakukan para psikolog Kobe University di Jepang ini menganalisis betapa pentingnya komitmen dalam menjaga hubungan cinta, terutama jika pasangan yang sedang menjalani cinta memiliki karakter yang jauh berbeda dan menemukan bahwa dibutuhkan komitmen dan pengorbanan jika ingin hubungan cinta bertahan.

Kamu dan pasangan harus mau berkompromi, dan ini bukan hal yang mengejutkan dalam hubungan, bahkan bisa jadi hal ini terjadi secara alami ketika ikatan cinta sudah terjalin kuat. Bukan berarti kamu harus berubah atau menyerah dengan hal-hal yang biasa kamu lakukan atau sukai, namun kalian berdua perlu setidaknya menyesuaikan diri agar bisa sejalan dan sehati terhadap satu sama lain.

Jadi jangan abaikan komitmen dan pengorban ya Sahabat Fimela, karena ternyata bukan hanya cinta yang menggebu-gebu saja yang bisa pertahankan hubungan, tapi juga dibutuhkan pengorbanan agar cinta bisa awet dengan pasangan.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓