5 Cara Menyingkirkan Sikap Egois dalam Hubungan

Baiq Nurul Nahdiat19 Jun 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 19 Jun 2021, 15:45 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Tak mau, kan, hubunganmu berakhir hanya karena salah satu di antara kalian memiliki sikap egois dalam hubungan. Atau mungkin ada orang yang bersikap egois tetapi ia tak sadar dengan sikapnya. Nah, agar bisa menjadi pasangan yang bisa bekerja sama, peduli pada pasangan yang lain, dan tentunya tak egois dalam hubungan, kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Belajar mendengarkan orang lain

Orang yang egois tak pandai mendengarkan orang lain, dan jika tak ingin menjadi orang yang egois dalam hubungan kamu harus belajar mendengarkan pasangan. Sebelum membalas dengan kata-kata, pahamilah apa yang dikatakan oleh pasangan, dengan begitu kamu akan bisa bersikap lebih obyektif dan tak mudah emosional.

2. Belajar mengalah dan rendah hati

Harus ada keseimbangan dalam hubungan dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan belajar megalah. Bertengkar karena ingin menang dari pasangan tak akan ada gunanya sebab kalian adalah satu tim yang harus saling menguatkan. Saat yang satu sedang marah maka yang lain harus mengalah dan mencoba meredam agar masalah tak jadi semakin besar.

3. Posisikan dirimu sebagai orang lain

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/oneinchpunch

Orang yang egois selalu mementingkan diri sendiri, dan agar terlepas dari kebiasaan ini maka kamu perlu memposiskan dirimu sebagai orang lain. Coba pikirkan pasanganmu dan bayangkan apa yang dirasakannya. Apakah dia sedih, sedang dalam masalah atau ingin didengarkan. Dengan begitu, kamu akan belajar berempati dan lebih menghargai orang lain.

4. Berilah orang lain ruang untuk bahagia

Saat memikirkan diri sendiri, kita cenderung lupa bahwa orang lain juga punya hak untuk bahagia. Begitu juga dalam hubungan, jika dirimu hanya ingin menang sendiri, selalu ingin didengarkan atau bahkan ingin terus dituruti dalam hubungan dan tak mau melakukan sebaliknya. Maka sama saja, dirimu membuat pasangan tak bisa menikmati kebahagiaan bersamamu. Belajarlah lebih peduli agar bisa memberikan kenyamanan bagi pasangan.

5. Selalu putuskan semuanya bersama

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/merzzie

Jika ingin menjadi pasangan yang solid maka kamu harus bisa memutuskan sesuatu dengan melibatkan pasangan. Jangan memutuskan sesuatu berdasarkan pada keinginan sendiri, sebab belum tentu pasanganmu akan merasa cocok. Bersikaplah terbuka dan selalu temukan cara untuk menemukan kesepakatan bersama.

Agar tak egois dalam hubungan, kamu juga bisa melalukannya dengan, belajar menerima kebenaran, memikirkan hal yang baik tentang pasangan, mendahulukan kebutuhan bersama daripada pribadi, jangan mudah menghakimi dan biasakan untuk tidak bertindak secara impulsif. Itulah beberapa caranya agar bisa menjadi pasangan yang tak egois dalam hubungan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021