Jika Ingin Kaya di Usia Muda, Tuntutan Pertemanan seperti Ini yang Harus Dijauhi

Baiq Nurul Nahdiat22 Jun 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 11:05 WIB
perempuan teman

Fimela.com, Jakarta Punya banyak teman adalah hal yang bagus dan suatu hal yang berharga bisa punya teman dalam segala ‘musim’, saat senang atau susah. Tetapi, dibalik pertemanan juga ada biaya yang harus dikeluarkan. Pertemanan seperti ini biasanya jenis pertemanan yang ‘menuntut’ agar sama seperti mereka, entah dari outfit, hobi, gawai dan sebagainya. Padahal tidak semua tuntutan pertemanan harus dituruti apalagi yang sampai menguras kantong, seperti ulasan berikut ini.

1. Nongkrong di tempat yang mahal

Salah satu kebiasaan anak muda zaman sekarang adalah hangout atau ngopi bersama teman-teman. Dan ini tak hanya dilakukan sesekali dalam seminggu, bahkan bisa lebih dari itu, bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk itu. Walau sebenarnya tak menuntut secara langsung, namun dalam satu lingkaran pertemanan pasti akan ada rasa tak enak jika tak ikut acara-acara kumpul seperti ini.

2. Menggunakan baju tertentu saat kumpul

perempuan teman
ilustrasi/shutterstock.com/Tom Wang

Biasanya agar terlihat selalu kompak, mereka akan menggunakan baju tertentu entah dengan model atau warna yang sama agar seragam saat di foto. Sehingga, mau tidak mau harus membeli baju setiap ada kesempatan, ini juga karena ada rasa gengsi menggunakan baju yang itu-itu saja dan selalu ingin tampil berbeda.

3. Menggunakan gawai keluaran terbaru

Ada sebagian ornag yang merasa tak nyaman saat gadget yang digunakan merupakan keluaran lama atau tak sebagus yang teman-teman lain mereka miliki. Sehingga, ini mendorong seseorang untuk terus mengupgrade gawai masing-masing walau pun dengan harga yang mahal. Padahal, tak mengapa untuk menggunakan gawai yang biasa saja selama itu masih bisa dipakai.

4. Liburan mahal

pertemanan persahabatan
ilustrasi sahabat perempuan/copyright By Aliaksandr Barouski (Shutterstock)

Kadang dalam satu komunitas ada yang menargetkan untuk melakukan liburan impian ke tempat-tempat tertentu, misalnya jalan-jalan ke luar negeri. Terkadang, demi mengikuti gengsi dan teman-teman yang lain, seseorang rela terlilit hutang kartu kredit atau paylater untuk memenuhi gengsi.

5. Ikut-ikutan hobi

Sekarang hobi tak hanya menjadi kegiatan untuk hiburan namun juga gengsi, karena beberapa hobi punya harga yang mahal, misalnya bersepeda, naik gunung, senam dan sebagainya. Tak jarang untuk membeli outfitnya saja harganya bisa jutaan. Sebenarnya, hobi bisa berbentuk apa saja, bahkan banyak yang tak perlu menguras isi kantong.

Sebenarnya tak ada salahnya untuk melakukan traveling bersama teman-teman, membeli baju yang sama, atau gawa keluaran terbaru, terlebih selama kamu mampu melakukannya. Tetapi, jika itu sampai menguras kantong bahkan membuatmu harus hutang sana sini, sebaiknya kebiasaan seperti itu jangan diikuti. Sebab, teman sejati tak akan menuntut teman-teman yang lainnya untuk sama seperti mereka.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021