4 Ide Inspirasi Rayakan HUT Jakarta Secara Virtual

Vinsensia Dianawanti22 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 13:37 WIB
[Fimela] Ilustrasi Hotel di Jakarta

Fimela.com, Jakarta Hari ini, DKI Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-494. Warga Jakarta pun masih menyambut HUT Jakarta tahun ini dengan situasi pandemi COVID-19.

Meski berada di tengah situasi pandemi yang membatasi kegiatan di luar rumah, ada banyak cara untuk merayakan HUT Jakarta secara virtual. Helo yang merupakan platform digital terintegrasi untuk hiburan, informasi terkini, dan terkoneksi dengan komunitas, bisa menjadi medium baru untuk masyarakat merayakan kemeriahan HUT Jakarta dengan cara yang seru dan kreatif.

Kegiatan virtual apa saja yang bisa kita lakukan untuk merayakan HUT Jakarta dari rumah?

1. Berbagi kenangan manis

Sebagai ibukota, Jakarta menyimpan banyak kenangan lewat sejumlah destinasi dan ikon terkenal. Sebut saja dari memandang indahnya kota dari puncak Monas, merasakan nuansa Jakarta kuno di Kota Tua, berbelanja kebutuhan pokok di Tanah Abang, berburu kuliner nikmat sepanjang Jalan Sabang, sampai menikmati liburan bersama orang tersayang di Ancol.

Berbagai kenangan manis ini bisa direkam dan dibagikan dalam bentuk foto, video, maupun tulisan yang nantinya bisa dibagikan di platform digital yang menekankan audiovisual seperti Helo, sebagai bentuk kontribusi pada HUT Jakarta. Untuk cari informasi dan inspirasi lainnya, bisa intip tagar #MemoriTentangJakarta pada aplikasi Helo.

 

2. Eksplorasi kuliner

4 Ide Inspirasi Rayakan HUT Jakarta Secara Virtual
Bagaimana cara merayakan HUT Jakarta secara virtual? Simak informasi selengkapnya berikut ini (Foto: Helo)

Bukan rahasia lagi kalau Jakarta merupakan surga kuliner bagi para penikmat makanan nusantara. Di tengah bermunculannya kuliner kekinian, Jakarta tetap bisa mempertahankan keaslian makanan khasnya, seperti kerak telor, soto betawi, nasi ulam, ataupun asinan betawi.

Untuk merayakan HUT kota tercinta ini, kamu bisa coba mengeksplorasi resep kuliner betawi di tagar #KulinerKhasJakarta pada aplikasi Helo, dan langsung mengeksekusinya di rumah. Ada banyak resep-resep makanan khas daerah yang bisa dengan mudah dipraktekan. Kamu bisa juga membuat video tutorial masaknya, mengemasnya dengan fitur dan stiker kreatif, dan membagikannya kepada pengguna Helo lainnya.

3. Menikmati hiburan asli Anak Betawi

Siapa yang tak kenal guyonan khas betawi? Mendiang Benyamin Sueb, aktor sekaligus komedian asal Jakarta menjadi salah satu ikon dunia hiburan betawi bahkan nasional. Belum lagi grup Lenong Rumpi dan Lenong Bocah yang pernah mengisi masa kecil masyarakat, khususnya di Jakarta. Dunia hiburan betawi memang menjadi salah satu aspek yang juga disukai banyak orang mulai dari acara komedi, musik, hingga film.

Meskipun saat ini kamu masih kesulitan untuk menyaksikan pertunjukan atau lenong secara langsung, kamu bisa mencari hiburan secara virtual untuk mengetahui kebudayaan khas betawi. Dengan mengunjungi tagar #HiburanAnakBetawi di aplikasi Helo, kamu bisa lebih mengenal seniman betawi yang akan membuat kamu terbawa pada nuansa komedi legendaris zaman dahulu sampai komedi masa kini yang jenaka.

 

 

4. Belajar pantun

Kesenian lainnya yang menjadi ciri khas budaya betawi adalah pantun. Berbagai acara kebudayaan betawi biasanya menghadirkan pantun, yang terdengar lucu, tapi sebenarnya berisi pesan yang dalam. Menciptakan dan membawakan pantun memang butuh latihan dan keahlian khusus, dan mempelajari soal pantun ini bisa jadi satu cara untuk merayakan HUT Jakarta.

Untuk menyaksikan keseruan pantun khas betawi, akan ada Pantun Battle Rap Challenge di aplikasi Helo yang dimeriahkan oleh sejumlah selebriti ternama. Selain itu, kamu juga bisa ikuti tagar #AnakGaulJakarta di aplikasi Helo, di mana kamu bisa ikut adu skill pantun kamu di kontes humor menggunakan bahasa dan logat betawi.

Simak video berikut ini

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓