Boleh Bersedih saat Kesepian, tapi Jangan Membenci Diri Sendiri atau Keadaan

Endah Wijayanti22 Jun 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 13:45 WIB
upaya untuk move on

Fimela.com, Jakarta Menghadapi kesepian kadang masih terasa sangat sulit. Tidak semua orang bisa berdamai dan menerima situasi kesepian. Di antara kita pun pasti ada yang merasa masih sangat sulit menerima kesepian. 

Kesedihan kerap hadir saat kita merasa kesepian. Air mata bisa mengalir dengan sendirinya saat kita menghadapi diri sendiri. Rasa senyap dan terkucilkan membuat kita merasa seakan menjadi orang paling menderita di dunia ini. Kita boleh merasa sedih saat kesepian, tapi jangan sampai kita membenci diri sendiri atau menyalahkan keadaan di situasi seperti itu.

Hidup Ini Memang Tak Selalu Baik-Baik Saja

“The loneliest moment in someone’s life is when they are watching their whole world fall apart, and all they can do is stare blankly.”― F. Scott Fitzgerald

Patah hati, putus cinta, kegagalan dalam karier, dan berbagai masalah hidup bisa datang silih berganti. Tak semua hari kita akan diwarnai pelangi. Ada hari-hari saat kita merasa tidak baik-baik saja. Rasa kesepian bisa datang kapan saja. Boleh bersedih dan menangis di saat merasa kesepian begitu mencekat. Namun, setelah itu perlu kembali perlahan bangkit untuk menjalani kehidupan dengan harapan baru.

Tidak Perlu Menyalahkan Apa pun saat Merasa Kesepian

perempuan dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

“When I get lonely these days, I think: So BE lonely, Liz. Learn your way around loneliness. Make a map of it. Sit with it, for once in your life. Welcome to the human experience. But never again use another person's body or emotions as a scratching post for your own unfulfilled yearnings.”― Elizabeth Gilbert, Eat, Pray, Love

Saat merasa kesepian, coba untuk menerima rasa itu. Tak perlu menyalahkan apa pun. Tak usah menyalahkan keadaan. Tak perlu juga menyalahkan diri sendiri. Terlalu sering menyalahkan situasi cuma akan memperburuk keadaan. 

Hidup sudah terlalu berat untuk dijalani, jadi jangan makin membebani diri dengan menolak rasa yang sebenarnya adalah bagian dari dirimu. Selalu ada hal baik yang bisa didapat setiap kali kita bisa berdamai dengan kesepian. Justru dari sini ada ruang yang membantu kita untuk terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kamu Sudah Melakukan yang Terbaik dalam Hidupmu

Boleh bersedih tapi secukupnya. Menangislah jika itu bisa membuatmu lega, tapi setelah itu cobalah untuk memeluk rasa sepi yang ada. Kamu sudah melakukan semua yang terbaik dalam hidupmu. Kamu sudah melakukan semua hal yang bisa kamu lakukan dalam hidupmu. Rasa kesepian hadir tak lain untuk kembali menghadirkan kekuatan baru dalam hidupmu.

"Loneliness is the human condition. Cultivate it. The way it tunnels into you allows your soul room to grow. Never expect to outgrow loneliness. Never hope to find people who will understand you, someone to fill that space. An intelligent, sensitive person is the exception, the very great exception. If you expect to find people who will understand you, you will grow murderous with disappointment. The best you'll ever do is to understand yourself, know what it is that you want, and not let the cattle stand in your way.” ― Janet Fitch, White Oleander

Terima kasih sudah bertahan dan  berjuang hingga sejauh ini. Rasa kesepian bukanlah musuhmu. Bukan pula sesuatu yang harus dibenci atau dihindari. Cobalah untuk memeluknya seakan kamu memeluk dirimu sendiri. Hidup mungkin tak selalu baik-baik saja, tapi terima kasih karena kamu masih memperjuangkan yang terbaik untuk menghadirkan hidup yang bermakna.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓