5 Alasan Perempuan Usia 20an Butuh Waktu untuk Menyendiri

Endah Wijayanti23 Jun 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 12:14 WIB
perempuan dan menenangkan diri

Fimela.com, Jakarta Di usia 20an ada banyak hal baru yang dialami. Begitu banyak pengalaman baru yang dirasakan dan dihadapi. Tidak selalu mudah untuk menghadapi dan mengatasi setiap permasalahan baru yang ada, tapi itu semua akan menjadi bagian dari perjalanan hidup yang tak terlupakan.

Di tengah rutinitas padat dan berbagai kesibukan lainnya, ada kalanya kita perlu waktu untuk menyendiri. Entah dengan pergi minum kopi sendiri di kafe, jalan-jalan sendirian di tempat baru, atau sekadar berdiam diri di rumah membaca buku atau mengerjakan suatu hobi. Waktu untuk menyendiri adalah waktu yang perlu kita miliki di usia 20an.

1. Menyendiri Membantu Mengisi Ulang Stok Energi dalam Diri

Ketika menyendiri, kita bisa menenangkan diri dengan kecepatan kita sendiri.  Tidak diburu-buru oleh sesuatu atau orang lain. Kita pun bisa kembali berdamai dan menerima keadaan dengan apa adanya tanpa merasa tergesa-gesa. Energi kita pun bisa kembali terisi ulang sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga setelah cukup menyendiri, kita bisa kembali punya tenaga untuk mengambil langkah baru dalam menyelesaikan masalah.

2. Menyendiri Memudahkanmu Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Di usia 20an ada banyak hal yang mungkin membuat kita merasa bingung. Soal pendidikan, pekerjaan, hingga pernikahan, begitu banyak permasalahan yang membuat kita lupa untuk bahagia. Dengan menyendiri, kita bisa kembali mengatur ulang prioritas kita. Dari sini kita bisa menemukan hingga menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Kita pun bisa lebih nyaman dalam menjalani hari-hari kita ke depannya.

3. Menyendiri Dapat Membantu Menjernihkan Pikiran

menjalani hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/DeanDrobot

Kadang kita memang butuh mengambil waktu sejenak dan jeda selama beberapa saat untuk menyendiri. Menyendiri untuk menenangkan diri. Kembali menjernihkan pikiran, untuk kemudian bisa lebih kuat dalam menghadapi badai kehidupan. Saat pikiran sudah lebih jernih dan hati lebih tenang, kita akan lebih mudah menemukan jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.

4. Menyendiri Membantu Kita untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Di usia 20an kita semacam dituntut untuk memastikan arah hidup kita ingin dibawa ke mana. Hal ini kadang membuat kita terobsesi dengan standar dan pencapaian orang lain. Melihat media sosial pun kadang membuat kita makin tertekan karena merasa kita makin tertinggal dengan orang-orang di sekitar kita. Dengan sesekali meluangkan waktu menyendiri, kita akan lebih mencintai diri sendiri dan bisa lebih fokus untuk menjalani kehidupan kita dengan lebih baik lagi.

5. Menyendiri Membantumu Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Kamu Kendalikan

Kita makin sadar bahwa tidak semua hal bisa kita kontrol atau kendalikan. Dengan menyadari hal ini, kita pun bisa lebih mudah mengatur ekspektasi diri. Kita tak lagi ngotot atau memaksakan kehendak mengatur hal-hal yang di luar kendali kita. Lalu, kita pun bisa lebih baik dalam mengatur dan mengarahkan hal-hal yang bis akita kendalikan. 

Instead of worrying about what you cannot control, shift your energy to what you can create.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Sesekali luangkan waktu untuk sendiri. Menyepi dan menyendiri sejenak akan membantumu untuk bisa lebih tenang dan nyaman menjalani hidup di usia 20an ini. Semoga apa pun yang sedang kamu perjuangkan bisa segera berbuah manis dan indah, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela