Sukses

Lifestyle

Ketakutan Umum yang Dirasakan saat Memasuki Usia 20

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang menjadi dewasa adalah hal yang menakutkan, khususnya saat memasuki usia 21 tahun ke atas. Di usia ini kamu akan menyadari ternyata kehidupan tak mudah dijalani, banyaknya tuntutan yang harus terpenuhi dan semakin banyak tanggung jawab. Masa ini juga biasa disebut sebagai quarter life crisis. Dan berikut adalah beberapa ketakutan seseorang saat memasuki usia dewasa.

1. Takut gagal

Saat memasuki usia dewasa tentu semua orang ingin agar tujuannya tercapai tanpa hambatan dan begitu juga dengan ekspektasi yang besar atas sesuatu, inilah yang membuat kita takut gagal. Kegagalan membuat kita merasa tak berharga, tak percaya diri bahkan merasa pesimis dalam hidup. Padahal, tidak ada yang menuntutmu agar kita selalu berhasil dan duniamu pun tak akan berakhir saat gagal.

2. Takut mengecewakan orang lain

Banyak orangtua yang mengajarkan anaknya agar selalu mendapat juara di kelas, menang dalam perlombaan atau unggul pada bidang tertentu. Tetapi, sering lupa untuk mengajarkan anak-anaknya untuk merasa bahagia dengan dirinya sendiri dan menjadi dirinya sendiri. Dan hal ini yang sering membuat kita merasa takut mengecewakan orang lain, entah keluarga atau orang terdekat. Kita seperti merasa punya tanggung jawab untuk selalu membahagiakan mereka.

3. Takut tak punya uang

Orang dewasa bekerja untuk mendapatkan uang sehingga mereka bisa hidup mandiri tak bergantung pada orangtua. Wajar jika tak punya uang atau mengalami masa-masa krisis adalah hal yang banyak ditakuti. Tetapi jika dilihat dari sisi positifnya, perasaan seperti ini membuat kita terpacu untuk berusaha membuat kehidupan kita menjadi lebih baik.

4. Takut kesepian

Semakin beranjaknya usia maka lingkaran pertemanan pun semakin mengecil dan teman-teman semakin berkurang karena sibuk dengan pekerjaan, sibuk dengan pernikahan dan tinggal di tempat yang berbeda-beda. Kita takut jika tak kunjung memiliki pasangan hidup dan hidup sendiri akan membuat kesepian. Sebenarnya, kesepian adalah perasaan manusiawi, selama kita masih punya keluarga, punya sahabat dekat dan punya kesibukan untuk dikerjakan kita tak perlu merasa takut merasa kesepian.

5. Takut menikah

Orang yang dewasa pasti sudah berpikir tentang menemukan pasangan dan membangun rumah tangga. Tetapi kematangan usia juga membuat cara berpikir seseorang berubah dan semakin dewasa. Kita akan berpikir bahwa pernikahan bukan hanya berisi tentang kebahagiaan, tetapi juga banyak sekali masalah yang ada di dalamnya. Sehingga alasan-alasan seperti membuat kita takut untuk menikah.

Beberapa ketakutan lain yang kerap menyelimuti saat memasuki usia dewasa, seperti takut berkata tidak, takut mengikuti kata hati, takut bila tak sama dengan orang lain, takut tak punya waktu luang dan sebagainya. Katakutan adalah hal yang alami, tetapi kita selalu punya pilihan untuk mengatasinya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading