Studi Membuktikan, Punya Kulit Berjerawat Justru Membuatmu Awet Muda

Febi Anindya Kirana27 Jun 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 27 Jun 2021, 09:15 WIB
mandi kesehatan perempuan

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu ingat pernah mengalami masa-masa pubertas yang tak menyenangkan dengan kulit berminyak dan wajah penuh jerawat memerah? Jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, kemungkinan besar kamu akan selalu bermusuhan dengan jerawat.

Meski menyebalkan karena kulitmu jadi gampang kotor dan perlu perawatan ekstra, tapi tahukah kamu bahwa memiliki kulit berminyak dan sering berjerawat ternyata juga membuatmu punya wajah awet muda saat sudah tua?

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa memiliki kulit wajah berminyak mudah berjerawat juga akan membuatmu tidak rentan keriput saat sudah tua. Dengan kata lain, kamu akan terlihat lebih awet muda dibanding usiamu.

Tipe kulit berminyak lebih awet muda

pengalaman berjerawat
Mengalami wajah yang berjerawat./Copyright shutterstock.com/g/takajapanese

Peneliti menyebutkan bahwa semua itu ada hubungannya dengan telomer pada sel tubuh yang kamu miliki. Anggaplah telomer sebagai tutup plastik yang kamu temukan di ujung-ujung kaki kursi. Tutup-tutup ini mencegah sel agar tidak mudah rusak.

Orang-orang dengan telomer yang lebih panjang diketahui mengalami penuaan lebih lama dan memiliki risiko kematian lebih rendah, dan orang-orang dengan kulit wajah mudah berjerawat termasuk yang memiliki telomer panjang jadi secara alami sel-selnya lebih terlindungi dari tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan penipisan kulit.

Jadi, jika kamu dulunya sering berjerawat karena kulitmu berminyak, mungkin kamu kini bisa berbahagia karena ternyata kamu tampak lebih awet muda dibandingkan mereka yang kulitnya halus tidak berminyak.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela