Perempuan yang Pernah Hidup Sendirian di Usia 20an, Punya 5 Kelebihan Ini

Endah Wijayanti26 Jun 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 26 Jun 2021, 11:45 WIB
perempuan dan tinggal sendirian

Fimela.com, Jakarta Pengalaman hidup sendirian, baik karena merantau atau memutuskan untuk tinggal terpisah dari orangtua, di usia 20an bisa memberi banyak pelajaarn berharga. Menjalani keseharian hidup seorang diri mungkin tak mudah pada awalnya. Namun, seiring waktu berjalan, ada karakter-karakter positif yang bisa terbentuk di dalam dirimu.

Perempuan yang pernah hidup sendirian di usia 20an bisa memiliki sejumlah kelebihan. Bagi yang saat ini masih hidup sendirian, coba untuk lebih mensyukuri dan menikmati hari-harimu karena ada banyak baik yang bisa terjadi di kemudian hari.

1. Mudah Menciptakan Kebahagiaan untuk Diri Sendiri

“One perk of living alone is there’s no one to judge me.”― Ben Monopoli, Homo Action Love Story! A tall tale

Hidup sendirian, kamu akan terbiasa dengan melakukan banyak hal tanpa harus bergantung pada orang lain. Kamu pun jadi bisa menemukan dan menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Tidak selalu bergantung pada kehadiran orang lain untuk membuatmu bahagia sungguh adalah sesuatu yang sangat disyukuri.

2. Memiliki Kemandirian yang Tinggi

Ketika menghadapi sebuah masalah, kerap kita merasa takut atau cemas berlebihan. Akan tetapi, saat kita sudah terlatih melakukan banyak hal sendiri, kita tak mudah merasa takut saat mengalami hal yang terjadi di luar dugaan. Kemandirian pun dapat terbentuk dengan lebih utuh dan kuat. Kita bahkan lebih mudah berdamai dengan rasa takut yang ada di dalam diri kita.

3. Lebih Bijak dalam Mengatur Keuangan

perubahan prioritas dan uang
Menyesuaikan prioritas./Copyright shutterstock.com/g/miya227

Misal, kamu hidup jauh merantau dari orangtua untuk mulai membangun karier baru. Penghasilanmu masih pas-pasan tapi kamu harus bisa memenuhi semua kebutuhan diri sendiri. Dari sini, kamu akan terlatih untuk mengatur keuangan sebijak mungkin. Lebih bijak dalam mengatur waktu kapan harus lebih hemat dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

4. Punya Rasa Tanggung Jawab Tinggi untuk Jalani Hidup Lebih Baik

Hidup sendirian menyadarkan kita bahwa semua yang kita lakukan dan perbuat akan memberi dampak kepada diri kita sendiri. Sekadar lupa mencuci baju atau menyetrika saja misalnya, kita bisa kerepotan saat harus berpakaian rapi untuk acara penting. Keseharian hidup mandiri membuat kita lebih bertanggung jawab dalam menjalani hidup.

5. Mudah Mensyukuri Setiap Hal yang Ada

Bersyukur adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan dan mendapatkan kenyamanan dalam menjalani hidup. Memang tak semua hari akan mudah dilalui, tapi ada banyak hal yang bisa selalu disyukuri setiap waktu. Punya pengalaman hidup sendirian di usia 20an akan membuat kita mensyukuri lebih banyak hal, termasuk hal-hal terkecil dalam hidup.

Bagi yang saat ini sedang merantau atau memilih untuk hidup sendirian selama beberapa waktu di usia 20an, nikmati setiap momen yang ada. Yakinlah setiap pengalaman yang kamu dapatkan akan memberi pelajaran berharga di hidupmu.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela