Anak Shandy Aulia Disebut Kurang Gizi, Ketahui Ciri-cirinya Menurut Pakar

Hilda Irach26 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Jun 2021, 14:00 WIB
Anak Shandy Aulia Disebut Kurang Gizi, Ketahui Ciri-cirinya Menurut Pakar

Fimela.com, Jakarta Aktris kenamaan Indonesia, Shandy Aulia kembali mendapat cibiran dari warganet. Kali ini, Claire Herbowo, anak pertamanya disebut mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembang.

Diketahui, hinaan tersebut berasal dari oknum perawat. Ia mengatakan secara terang-terangan bahwa anak Shandy Aulia memiliki ciri-ciri seperti anak kurang gizi. Shandy Aulia yang merasa tak terima sontak memajang komentar oknum tersebut di Instagram pribadinya dan minta dicarikan informasi mengenai oknum tersebut.

"Bantu saya carikan informasi mengenai orang ini. saya tertarik ngobrol dan bertemu dengan beliau secara pribadi perihal urusan anak saya. yang mungkin mengetahui beliau siapa, bekerja dimana dan tempat tinggal dimana mohon DM saya. Terima kasih," tulis Shandy Aulia di akun Instagramnya.

Dari persitiwa itu, tentu menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat. Apa ciri-ciri anak kurang gizi dan apa saja indikator anak sehat? Lebih lanjut, berikut penjelasan selengkapnya.

 

Ciri-ciri anak kekurangan gizi

Anak Shandy Aulia Disebut Kurang Gizi, Ketahui Ciri-cirinya Menurut Pakar
Shandy Aulia geram lantaran putrinya, Claire, disebut kurang gizi. Simak ciri-ciri anak kekurangan gizi menurut pakar. (Foto: Instagram.com/ShandyAulia).

Melansir dari National Health Service, ciri-ciri anak kekurangan gizi dapat meliputi:

  • Tidak tumbuh atau bertambah berat pada tingkat yang diharapkan (pertumbuhan goyah)
  • Perubahan perilaku, seperti menjadi sangat mudah tersinggung, lambat atau cema
  • Tingkat energi rendah dan lebih mudah lelah daripada anak-anak lain
 

Indikator anak sehat

Anak Shandy Aulia Dikatai Kurang Gizi, Ketahui Ciri-cirinya Menurut Pakar
Shandy Aulia geram lantaran putrinya, Claire, disebut kurang gizi. Simak ciri-ciri anak kekurangan gizi menurut pakar. (Foto: Instagram.com/ShandyAulia).

Menurut Yustina Ani Indirastuti, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia atau PDGMI dan dokter spesialis gizi, berikut ini tanda-tanda anak yang asupannya tercukupi, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan:

Tinggi dan berat badan sesuai umur

Anak dengan gizi baik pastinya diberi asupan makan cukup dan hal ini mempengaruhi tinggi maupun berat badannya. Anda bisa memeriksanya lewat kurva pertumbuhan maupun indeks massa tubuh

Mempunyai tubuh kuat nan kencang

Takaran gizi dan nutrisi yang sesuai akan menunjang tubuh dalam membentuk otot kuat nan kencang. Anak pun akan lebih luwes selama beraktivitas sehari-hari

Postur tubuh tegap dan proposional

Selanjutnya, anak yang sehari-hari mengonsumsi menu makan sehat cenderung mempunyai postur tegap berkat pertumbuhan tulang maksimal. Hal ini dikarenakan kebutuan protein, mineral, dan vitamin yang memenuhi

Kulit tidak kering dan lembap

Tanda lain dari sehatnya seorang balita terletak pada kondisi kulitnya yang lembap dan tak mudah kering, sebab asupan vitamin A, vitamin E, dan zinc-nya tak pernah kurang;

Rambut berkilau dan tidak mudah rontok

Pada dasarnya, nutrisi yang anak konsumsi akan diserap dan didistribusikan ke seluruh anggota tubuh, termasuk rambut. Anak sehat akan punya rambut berkilau, kuat dan jarang rontok.

Mata jernih dan berbinar

Seperti yang Anda ketahui, protein dan vitamin yang cukup akan meningkatkan kualitas indra penglihatan. Untuk anak-anak, mata mereka akan lebih jernih dan berbinar.

Cepat tanggap dan selalu ceria

Anak yang kekurangan karbohidrat dan zat besi biasanya mudah lesu dan tidak bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan anak yang gizinya terpenuhi mereka akan tanggap dan selalu ceria di tiap harinya

BAB lancar dan tidur nyenyak

Pencernaan yang baik dan sehat akan mendukung proses buang air besar yang lebih lancar. Selain itu, asupan makan yang teratur akan membuat anak Anda tidur nyenyak dan segar saat bangun di pagi hari.

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela