Sukses

Lifestyle

Cara Menjaga Komunikasi dalam Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah yang kerap ditemui dalam hubungan atau pernikahan sebagian besar penyebabnya karena komunikasi yang terjalin kurang baik. Karena komunikasi sangat penting, ia menyatukan pemikiran dua orang, cara menemukan solusi bahkan bisa mempererat hubungan emosional, jadi sangat penting untuk menjaga komunikasi yang baik dalam hubungan. Dan inilah beberapa cara untuk menjaga komunikasi dalam hubungan.

1. Berikan pernyataan yang positif

Jika ingin memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan, yang terpenting adalah jangan bersikap negatif saat mencoba menyampaikan suatu maksud. Sebaliknya, coba gunakan pernyataan positif saat berbicara dengannya. Misalnya katakanlah dirimu ingin memberitahunya saat merasa kurang diperhatikan, lakukanlah komunikasi yang baik dan hindari mengintimidasi.

2. Buat pasangan fokus

Saat berbicara usahakan agar untuk saling melakukan kontak mata. Bila dirimu sedang melakukan kegiatan dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting kepada pasangan, cobalah untuk fokus. Jika dirimu ingin percakapan berhasil, dirimu hanya perlu menemukan cara untuk membuatnya fokus pada percakapan tersebut agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

3. Jujur tentang perasaanmu

Dasar dari setiap hubungan yang sehat adalah komunikasi terbuka dan dasar dari semua komunikasi yang efektif adalah keujujuran. Dirimu tidak dapat berharap untuk mencapai apa pun atau mencapai tujuanmu jika dirimu berbohong atau menipu orang yang diajak berbicara.

4. Jangan mengungkit masa lalu

Sangat mudah untuk membiasakan mengulangi masa lalu pada saat-saat yang memanas atau saat terjadi pertengkaran. Dan mengungkit kesalahan pasangan secara teratur saat emosi bisa menjadi kontraproduktif dan hanya membuatnya lebih defensif. Ini juga tidak sehat jika sering dilakukan dalam hubungan.

5. Jaga nada bicara agar tetap tenang

Menaikkan suara saat berdebat atau menggunakan teriakan adalah cara yang tidak efektif untuk memproses amarah. Dalam jangka panjang, hal itu dapat menyebabkan pertengkaran menjadi lebih intens dan dapat mengikis harga diri pasanganmu.

Itulah sekian cara menjaga komunikasi yang baik dalam hubungan agar hubungan semakin kuat dan harmonis.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading