5 Alasan yang Membuat Kita Tidak Pernah Merasa Lebih Baik dari Orang Lain

Baiq Nurul Nahdiat03 Jul 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 03 Jul 2021, 11:05 WIB
perempuan sedih

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin sering membandingkan diri dengan orang lain, atau selalu merasa bahwa orang lain selalu lebih baik dari diri kita. Entah dalam pekerjaan, prestasi akademik, sosial dan hal lainnya. Kita selalu merasa kurang, padahal belum tentu orang lain juga lebih baik dari diri kita, hanya saja kita kadang berpikir berlebihan dan malah dimanipulasi oleh pikiran sendiri, sehingga bawaanya negatif terus. Berikut ini beberapa alasan yang membuat kita kerap merasa orang lain lebih baik dari diri kita sendiri.

1. Tidak merasa percaya diri pada sesuatu yang dipilih

Ktika kita tidak merasa percaya diri dengan diri kita sendiri, kita memiliki kecenderungan untuk ingin membandingkan diri kita dengan orang lain. Mungkin karena kita imerasa tertinggal atau merasa bahwa kita telah mengacaukan hidup kita. Tetapi, hidup bukan tentang apa yang orang lain katakan, melainkan apa yang kita butuhkan untuk hidup kita sendiri. Saatnya untuk mulai merasa lebih percaya diri dan fokus pada tujuan, karena sekeras apa pun kita berusaha akan selalu ada orang yang melakukan dengan lebih baik daripada kita.

2. Terpaku pada standar orang lain

Perempuan Sedih
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Chanintorn.v

Beberapa pola asuh orangtua mungkin juga memengaruhi ini, kita dari kecil dididik bahwa kesuksesan harus begini, dan keberhasilan diukur dengan hal-hal tertentu. Padahal, semua orang berhak menentukan kesuksesan dan keberhasilan sesuai dengan versinya masing-masing. Kamu mungkin tak memiliki apa yang orang lain miliki yang dikatakan sebagai sukses. Tetapi jika kamu merasa bahwa dirimu sudah cukup dan bahagia, maka sebenarnya itulah sukses versi dirimu, dan tak perlu memaksakan dirimu untuk mengikuti standar orang lain.

3. Tidak merasa melakukan hal sebaik orang lain

Semua orang punya waktunya masing-masing dan mereka dibekali bakat dalam hal yang berbeda. Jika kamu bisa berbakat dalam menyetir dan kamu menjadi sopir, itu tidak masalah karena itu adalah bakatmu, jangan bandingkan diri dengan seseorang yang bekerja di pertambangan, misalnya. Dan karena semua itu kamu menganggap dirimu tak melakukan sesuatu dengan baik, padahal tak semua orang memiliki bakat yang sama yang denganmu dan itulah yang menjadikanmu unggul.

4. Kita tak tahu seberat apa masalah orang lain

perempuan merenung
ilustrasi perempuan sedih/Photo by Agung Pratama from Pexels

Kita mungkin melihat orang lain dengan kehidupannya yang berjalan baik-baik saja, atau mereka selalu terlihat ceria. Padahal, bisa saja di balik itu semua mereka memiliki banyak masalah, hanya saja mereka pandai menutupinya. Yakinlah, tak ada orang yang tak memiliki masalah di dunia ini, hanya saja tak semua orang memperlihatkannya. Jadi, jangan pernah merasa hanya dirimu yang tak baik-baik saja.

5. Kita tidak cukup beryukur dan menghargai diri sendiri

Jika kita terus-menerus membandingkan diri kita dengan orang lain, sulit untuk merasa bersyukur karena kita selalu merasa membutuhkan kurang. Padahal banyak sekali keberuntungan yang kita dapatkan setiap hari dalam hidup yang bahkan mungkin tak dimiliki orang lain. Kamu tidak perlu menjadi lebih seperti orang lain dan hanya perlu lebih menjadi diri sendiri.

Membandingkan diri adalah sifat alami, dan itu mungkin terjadi pada setiap orang, baik dalam hal akademis, pekejerjaan, bisnis bahkan rumah tangga. Tetapi jangan sampai membandingkan diri justru membuatmu semakin terpuruk dan pesimis tentang kehupan, lihatlah lebih dalam dirimu dan lihatlah sejauh apa kamu sudah melangkah, bukankah dirimu adalah orang yang hebat?

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela