Sukses

Lifestyle

Oseltamivir Obat Apa? yang Diresepkan untuk Pasien Terapi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Oseltamivir atau Tamiflu adalah obat antivirus yang digunakan untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh virus flu atau influenza. Salah satu obat yang dibekali pada pasien Covid-19 ini membantu mengurangi gejala seperti hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, demam atau menggigil, pegal-pegal, dan kelelahan serta mempersingkat waktu pemulihan 1-2 hari.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah flu jika seseorang sudah terkena flu atau wabah flu pada lingkup lebih luas. Cara bekerja Oseltamivir adalah menghentikan penduplikasi dan pertumbuhan virus flu namun bukan pengganti vaksin flu seperti dijelaskan web.md.

 

Oseltamivir sendiri telah disetujui oleh BPOM AS (FDA) untuk mengobati infeksi influenza dan mengurangi kemungkinan tertular flu pada orang-orang dewasa dan anak-anak yang mungkin bersiko terpapar orang yang terinfesi atau dihadapkan dengan wabah flu.

Obat Oseltamivir juga memiliki keuntungan dalam menawarkan pencegahan pengobatan flu dalam kasus wabah jenis flu baru. Ketika waktu untuk persiapan vaksin yang ditujukan untuk melawan jenis flu baru belum ditemukan atau belum mencukupi.

 

Dosis Minum

Dari obat antivirus yang tersedia untuk mengobati flu, hanya oseltamivir dan zanamivir yang aktif melawan jenis virus influenza. Namun Zanamivir tidak seperti Oseltamivir, hanya disetujui untuk pengobatan dan bukan pencegahan influenza. 

Oseltamivir biasanya diresepkan untuk lima hari dan diminum 2 kali sehari. Oseltamivit juga bukan antibiotik sebab hanya dapat membunuh virus flu sedangkan antibiotik digunakan untuk infeksi bakteri.

Lihat Video Terbaru

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading