5 Tips Menabung di Masa Pandemi untuk Kamu Pemilik Keluarga Kecil

Nabila Mecadinisa19 Jul 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 10:00 WIB
Menabung

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi saat ini, menabung adalah hal yang wajib dilakukan. Tak hanya bagi kamu yang masih single, pemilik keluarga kecil juga  harus mengatur keuangan dan menyisihkannya, agar keuangan lebih aman dan terencana. Lalu, apakah di masa pandemi menabung masih mungkin dilakukan, apalagi bagi sahabat Fimela yang sudah memiliki buah hati? Ternyata, hal ini sangat mungkin dilakukan, asalkan semua harus direncanakan dengan benar. Penasaran seperti apa? Simak caranya berikut ini. 

1. Lakukan evaluasi sumber penghasilan

Bagi kamu yang berencana menabung untuk mempersiapkan dana di masa mendatang, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi sumber penghasilan. Catat pemasukan secara terperinci dari mana penghasilan bulanan yang kamu dapatkan, apakah gaJi tetap, pekerjaan sampingan, hingga bisnis-bisnis lainnya yang menghasilkan. Jika sudah, kalkulasikan dengan cermat. 

2. Bikin pos pengeluaran pasti

Jika sudah mengetahui sumber penghasilan, langkah selanjutnya adalah melakukan pos-pos pengeluaran dan catat dengan cermat. Misalkan: Living, menabung, entertainment, emergency fund, dana pendidikan anak.  Dengan metode sederhana ini, maka pemasukan bisa teralokasi dengan baik. 

Cek prioritas

Anak Menabung
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Tentukan prioritas

Di masa pandemi seperti saat ini, kamu harus memprioritaskan pengeluaran dengan baik. Lakukan alokasi pengeluaran yang tidak perlu untuk hal yang lebih bermanfaat. Misalkan, kebutuhan entertainment bisa dipindahkan ke dana darurat, tabungan, dan pendidikan anak. Dengan cara ini, maka keuangan akan lebih stabil. 

4. Hindari cicilan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari cicilan. Hentikan pembelian dengan cara mencicil. Ataupun, jika kamu ingin mencicil usahakan kamu membeli kebutuhan yang benar-benar kamu perlukan. 

5. Minimalisir kerugian dengan proteksi

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Mulailah untuk melek asuransi. Asuransi adalah cara untuk kamu melindungi keluarga dari kerugian. Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Salah satunya asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan cara ini, maka setidaknya kamu sudah merencanakan keuangan di masa mendatang dengan lebih baik. 

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara bertajuk “ Atur Finansial Demi Masa Depan Buah Hati” bersama Herba Asimor, Pritha Ghozie (CEO Zap Finance), dan Suci Asmarani yang akan diselenggarakan pada 21 Juli 2021.

 Segera daftarkan dirimu di sini

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021