5 Tantangan Nyata yang Kamu Rasakan saat WFH

Gayuh Tri Pinjungwati27 Jul 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 13:15 WIB
Ilustrasi WFH

Fimela.com, Jakarta Ketika jutaan pekerja di seluruh dunia mulai melakukan Work From Home untuk pertama kalinya karena pandemi COVID-19, hanya sedikit yang tahu apa yang diharapkan. Mereka hanya tahu citra yang dijajakan oleh semua orang bekerja dari rumah.

Jika dirimu melakukan Work From Home untuk pertama kalinya atau berpikir untuk memulai, waspadalah terhadap risiko dan tantangan ini. Semakin baik dirimu mengenalinya, semakin mudah untuk menguranginya dan berhasil sebagai pekerja jarak jauh atau pemilik usaha kecil. Berikut ini adalah beberapa tantangan nyata dari orang-orang yang bekerja dari rumah.

1. Mengatur Jadwal & Waktu Sendiri

Kedengarannya menarik, bukan? Tidak ada lagi pengaturan alarm untuk jam 6 pagi. Tidak ada lagi duduk di kursi sepanjang hari, dirimu hanya melarikan diri satu jam sangat sedikit untuk makan siang. dirimu dapat mengatur jam dan pekerjaanmu sendiri saat dirimu mau.

Konsep jam kerja normal tetap digunakan di seluruh dunia karena berfungsi sebagai alat manajemen waktu yang efisien. Ketika kamu telah menetapkan jam, kamu tahu kapan kamu seharusnya bekerja dan kapan kamu bebas untuk mengejar minat lain atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu dapat membuat rencana berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan sebelumnya karena kamu tahu kapan kamu akan bekerja.

Tanpa struktur itu, banyak pekerja rumahan menemukan diri mereka dalam masalah besar. Mereka tidur, mereka menunda-nunda, dan mereka mengatakan pada diri mereka sendiri bahwa mereka akan menghentikannya nanti.

2. Garis Kabur antara Kehidupan Pribadi & Profesional

Di sisi lain, ketika kamu bekerja dari rumah, kamu tidak lagi memiliki pembagian geografis yang jelas antara ruang kerja dan ruang pribadi. Idealnya, rumah adalah tempat relaksasi, keselamatan, dan keamanan. Ini adalah tempat di mana kamu secara tidak sadar tergelincir ke dalam keadaan pikiran yang tenang dan santai, menempatkan tekanan dari hari kerja di belakangmu.

3. Gangguan

Jauhkan Ponsel Selama WFH
Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Bahkan jika kamu memutuskan jadwal yang ditetapkan dan memiliki ruang khusus untuk bekerja, tetap produktif selama jam kerja kamu dapat menjadi tantangan jika kamu bekerja dari rumah.

Dikelilingi oleh barang-barang pribadi dan pengingat tugas, sulit untuk fokus. Gangguan seperti TV, buku, dan cucian mulai menumpuk. Meski berencana bekerja hingga pukul 12:30 sebelum berbuka untuk makan siang, kamu menemukan alasan untuk istirahat lebih awal. Jika anggota keluarga juga ada di rumah, mereka tidak segan-segan mengganggu di setiap kesempatan.

4. Pengurangan Pengawasan & Arahan

Orang suka mengeluh tentang bos mereka. Tapi bos melayani tujuan penting, memberikan arahan dan pengawasan. Mereka tidak hanya memberi tahumu apa yang perlu kamu lakukan, tetapi mereka memberimu umpan balik tentang kemajuanmu.

Saat Anda bekerja dari rumah, kamu cenderung kurang mendapat pengawasan dan arahan. Bosmu biasanya tidak memberimu banyak bimbingan, bimbingan yang sangat dibutuhkan oleh banyak karyawan jarak jauh untuk tetap berada di jalurnya.

5. Tantangan Komunikasi & Koordinasi

Cukup sulit untuk mengadakan pertemuan tatap muka yang produktif untuk mengoordinasikan upaya anggota tim yang berbeda untuk tetap selaras. Ketika semua orang bekerja dari rumah, semakin sulit untuk tetap berada di halaman yang sama.

Manusia mengandalkan komunikasi nonverbal ketika mereka berbicara. Tetapi email, panggilan telepon, dan bahkan panggilan video menghilangkan banyak nuansa dari cara kita berkomunikasi. Pikirkan kembali saat terakhir kali seseorang salah mengartikan email atau pesan teks yang kamu kirim untuk contoh cepat.

Begitu banyak gangguan dan masalah yang dihadapi setiap orang yang bekerja dari rumah. Terlebih bagi mereka yang mengalami masalah teknis. Semoga pandemi ini segera berakhir,agar kita dapat melakukan kegiatan seperti biasanya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela