35 Kata-Kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya

Kezia Prasetya Christvidya28 Jul 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 07:00 WIB
Kata-kata motivasi lucu bermakna

Fimela.com, Jakarta Mengungkapkan perasaan bisa dilakukan dengan mengucapkan kata-kata sindiran. Kata-kata sindiran ini dirangkai dengan kata yang halus, tetapi memiliki makna yang mendalam dan mengena hati.

Kata-kata sindiran bisa menggunakan bahasa Sunda yang halus, agar orang yang membuatmu kesal, kecewa ataupun marah, jadi sadar akan perbuatannya yang tidak mengenakan hati.

Kata-kata sindiran bahasa Sunda baik untuk direnungkan dan dimaknai, sebagai bahan untuk introspeksi diri dan orang lain. Berikut kata-kata sindiran bahasa Sunda, yang dilansir dari Kapanlagi.com:

Kata-Kata Sindiran Bahasa Sunda yang Mengena Hati

sindiran
Ilustrasi sindiran Credit: shutterstock.com

1. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

(Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.)

2. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

(Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

3. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

4. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

(Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

5. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

(Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

6. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah."

(Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.)

7. "Masalah mah tong diperpanjang, da lain STNK."

(Masalah itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK.)

8. "Lur, inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instan ninyuh sarimi weh."

(Sob, ingat hidup itu tidak bisa instan. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

9. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

10. "Lalaki sajati mah tara ngomongkeun tukangeun atawa ngadukeun batur."

(Lelaki sejati itu nggak pernah ngomongin atau mengadu domba orang.)

Kata-Kata Sindiran Bahasa Sunda yang Penuh Makna

Kata Mutiara Kehidupan sebagai Motivasi dan Inspirasi
Ilustrasi Calm Girl Credit: shutterstock.com

11. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

(Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

12. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit."

(Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.)

13. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu."

(Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

14. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan."

(Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

15. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan."

(Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.)

16. "Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera."

(Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.)

17. "Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik."

(Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek.)

18. "Jangan suka ngomongin batur euy lamun maneh nggak bisa ngelakuin sesuatu yang leuwih alus mah."

(Jangan suka ngomongin orang kalau kamu nggak bisa ngelakuin sesuatu yang lebih baik.)

19. "Ai maneh, ngapload foto sakitu lobana tapi beungeutna kitu-kitu keneh. Biar apa?"

(Kamu tuh, nge-upload foto segitu banyaknya tapi mukanya gitu-gitu aja. Biar apa?)

20. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

(Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

Kata-Kata Sindiran Bahasa Sunda sebagai Bahan Introspeksi

Kata-Kata Agar Lebih Sabar untuk Menjalani Hidup
Ilustrasi Calm Girl Credit: shutterstock.com

21. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir."

(Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.)

22. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro."

(Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

23. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah."

(Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang.)

24. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

(Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.)

25. "Bro, ari sia ngomong teh baleg, bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing."

(Bro, kalau kamu ngomong yang bener, nanti mukamu dicuci pakai coca-cola sama saya.)

26. "Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg."

(Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg.)

27. "Jangjina mah meni kareueut kawas peueut ari buktina pait alabatan batrawali."

(Janjinya saja dulu sangat manis, tapi buktinya pahit seperti bratawali.)

28. "Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok."

(Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.)

29. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan."

(Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

30. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia."

(Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

31. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

(Sahabat adalah dia yang suka meminjamkan uang namun tidak pernah mau dibayar.)

32. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet."

(Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.)

33. "Hareupeun sumuhun dawuh, tukangeun ngomongkeun."

(Kalau di depan iya-iya saja, tapi di belakang suka membicarakan.)

34. "Keur butuh mah lumah lameh, geus jadi mah poho."

(Kalau lagi butuh berperangi baik, kalau sudah tercapai lupa.)

35. "Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna."

(Gunakan akal dalam melangkah, buat apa Yang Maha Kuasa menciptakan akal kalau tidak digunakan sebagai mestinya.)

Lanjutkan Membaca ↓