Tips Membuat Password yang Unik, Aman, dan Susah Ditebak

Imelda Rahma29 Jul 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 08:45 WIB
Pengamanan Ponsel

Password adalah hal paling penting dalam penggunaan berbagai produk digital. Pasalnya kita teknologi akan mengidentifikasi siapa kita melalui password.

Hal inilah mengapa password adalah hal yang penting karena ketika kita abai dan password mudah ditebak, deretan informasi privasi kita bisa terpapar ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasinya, kamu tentu perlu membuat password yang kuat dan tak mudah ditebak. Akan tetapi, tak semua pengguna internet ternyata mengetahui cara membuat password anti bobol.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas tips membuat password yang unik, aman, dan susah ditebak. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Mulai dengan Kalimat

Mulai Dengan Kalimat
Ilustrasi Membuat Password Credit: pexels.com/

Meski password berarti kata kunci, ada baiknya tak hanya mengunakan kata saja. Menurut CEO of Crone Consulting LLC, Richard Crone, saat membuat password baiknya dimulai dengan membuat kalimat terstruktur.

Pilih kalimat yang mudah diingat, tapi sebaiknya jangan memakai informasi seputar kehidupanmu. Hindari menggunakan nama hewan peliharaan atau anggota keluarga.

Sebagai contoh, kamu dapat membuat kalimat 'kucing susah mandi' dan diubah menjadi sebuah password 'kucingsusahmandi'.

Hindari Pemakaian Kata Asli

Hindari Pemakaian Kata Asli
Ilustrasi Membuat Password Credit: pexels.com/Kari

Setelah menemukan kombinasi kalimat yang ingin dipakai, segera lakukan sejumlah perubahan. Salah satunya adalah memotong huruf-huruf yang ada di dalamnya.

Sebisa mungkin jangan memakai kata yang benar-benar ada, sehingga membuat password-mu tak mudah ditebak. Dari contoh di atas, kamu dapat mengubahnya menjadi 'kucsusman'.

Gabungkan Nomor, Simbol, dan Huruf Besar

Gabungkan Nomor, Simbol, dan Huruf Besar
Ilustrasi Menggunakan Ponsel Credit: pexels.com/Paul

Terakhir, ubah beberapa huruf di dalam kalimat tersebut menjadi karakter lain. Seperti diketahui, beberapa situs selalu menyarankan pengguna untuk memakai setidaknya satu huruf besar, satu huruf kecil, dan nomor.

Tak lupa, kamu juga dapat memasukkan simbol seperti titik atau tanda seru. Perlu diingat, saat melakukan kombinasi ini, jangan ulangi huruf, nomor, dan simbol terlalu berdekatan.

Mengambil contoh sebelumnya, 'kucsusman', kamu dapat menambahkan sejumlah simbol, seperti 'kuc2u2M4n'.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela