5 Kekuatan Tersembunyi yang Dimiliki Perempuan yang Terbiasa Hidup Sendiri

Endah Wijayanti29 Jul 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 14:45 WIB
perempuan dan manfaat mandiri

Fimela.com, Jakarta Terbiasa hidup sendiri, entah saat harus merantau karena kuliah atau pekerjaan, memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup kita. Termasuk bagi yang saat ini masih melajang atau memilih untuk menjalani hidup sendirian untuk selama beberapa waktu, ada berbagai pengalaman yang sebenarnya bisa makin mendewasakan dan menguatkan kita.

Perempuan yang terbiasa hidup sendiri bisa memiliki sejumlah kelebihan. Bahkan ada semacam kekuatan tersembunyi yang bisa dipunya. Maksudnya, pengalaman hidup mandiri bisa menghadirkan sejumlah transformasi yang membuatmu menjadi perempuan yang lebih kuat.

1. Punya Kemampuan Mengelola Waktu dengan Baik

Tinggal di rumah atau di kos sendiri, otomatis kita punya kendali penuh atas waktu yang kita punya. Dari sini kita akan terpaksa hingga terbiasa mengatur waktu sesuai kebutuhan dan prioritas. Mengelola waktu menjadi langkah awal untuk menjalani rutinitas dengan lebih baik. Apalagi ketika tinggal sendirian, tidak ada orang lain yang bisa selalu kita andalkan untuk selalu mengingatkan kita melakukan setiap aktivitas atau tiap janji yang kita punya.

2. Mudah Mensyukuri Setiap Hal yang Didapatkan

Semua hal kecil yang kita punya makin kita hargai. Karena kita tahu bahwa kita tak bisa memiliki segalanya untuk selamanya, kita makin terdorong untuk lebih mensyukuri dan mencintai setiap hal kecil yang kita punya. Misal, saat kita bekerja dan tinggal jauh dari keluarga, kita akan menyadari bahwa setiap uang yang kita dapat dari hasil kerja keras itu sangat berharga. Sehingga kita lebih mensyukuri dan termotivasi untuk menggunakannya dengan lebih bijak. Dengan lebih mudah bersyukur, lebih mudah pula kita bisa menciptakan dan merasakan kebahagiaan.

3. Bisa Berusaha Tetap Tenang saat Dihadapkan pada Situasi Tak Terduga

perempuan dan belum melupakan mantan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/feelinglucky

Dalam hidup ini kita akan dihadapkan pada banyak masalah dan situasi tak terduga. Saat kita sudah terbiasa hidup sendiri, kita tak akan mudah panik saat menghadapi situasi tak terduga. Walau mungkin kita tak benar-benar mahir atau sempurna dalam menghadapi sebuah persoalan, tapi setidaknya kita bisa tetap berupaya untuk tenang ketika menghadapi situasi atau persoalan yang menghimpit. Hidup mandiri melatih kita untuk tidak gampang panik ketika menghadapi persoalan yang terjadi di luar dugaan.

4. Tidak Gampang Stres ketika Dihampiri Rasa Kesepian

Kesepian akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita. Saat terbiasa hidup sendiri, kita akan merasakan berbagai macam bentuk kesepian. Semua rasa kesepian itu pun bukanlah musuh kita. Justru kadang kita membutuhkan kesepian itu untuk bisa kembali menemukan keseimbangan dalam hidup. Sehingga pengalaman hidup sendirian bisa menempa mental kita untuk tidak gampang merasa stres atau tertekan ketika dihampiri rasa kesepian.

5. Lebih Mudah Fokus Menjalani Hidup yang Dimiliki

Maksudnya tidak gampang membanding-bandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Standar hidupmu bisa berbeda dari standar hidup orang lain. Tak apa. Justru dengan menetapkan standar sendiri yang sesuai dengan makna dan nilai-nilai hidup yang diyakini, kita bisa lebih mudah menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Kita pun lebih mudah fokus menjalani kehidupan kita dengan lebih baik.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa saja keuntungan atau pengalaman positif dari hidup sendirian? Selama kita bisa menjalani setiap momen yang ada dengan penuh rasa syukur, maka kita pun bisa senantiasa bahagia kapan saja dan di mana saja.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela