Sukses

Lifestyle

Alvin Tehupeiory Tentara Indonesia yang Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 Cabor Atletik

Fimela.com, Jakarta Alvin Tehupeiory menjadi salah satu atlet atletik Indonesia yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga ini akan dijadwalkan bertanding pada hari ini 30 Juli sampai 8 Agustus 2020.

Bagi Alvin ini adalah kali pertama ia bertanding di ajang bergengsi Olimpiade. Ia terpilih mewakili Indonesia lewat jalur wildcard. Alvin Tehupeiory dipilih PB PASI untuk mengisi slot kosong kuota universalitas Olimpiade Tokyo 2020 setelah Emilia Nova sebagai wakil atletik putri Indonesia cedera.

PB PASI memilih Alvin bukan tanpa alasan, sebab Alvin layak membela Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 sebagai pemegang rekor nasional lari 200 meter dengan waktu 23,76 detik saat berlaga di Kejuaraan Nasional 2019 di Cibinong, Bogor.

Akhirnya, gadis Maluku ini akan melaksanakan debut ya di Olimpiade di nomor 100 meter putri heat 3 pada Jumat (30/7/2021).

Berprofesi sebagai tentara

Tak hanya menjadi seorang atlet, ternyata perempuan yang lahir di Ambon, pada 5 April 1995 ini juga sebagai anggota Tentara (Kowad) berpangkat Sersan Dua. 

Hal itu dilihat dari akun Instagramnya yang kerap membagikan foto dengan seragam Tentara. Melansir tniad.mil.id, Alvin salah satu atlet kebanggaan yang dimiliki oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura.

Perempuan asal Hutumuri, sebuah desa di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku, ini anak ke-3 dari 4 bersaudara pasangan Alm. Wellem Tehupeiory dan Maria Kailuhu ini memulai karir sebagai atlet lari gawang, sejak umur 15 tahun. 

Dirinya menjadi atlet karena memang kemauan sendiri. Menurutnya, dengan menjadi atlet, ia mampu membahagiakan kedua orang tuanya, terlebih bagi almarhum ayahnya. Berkat menjadi atlet, kini ia telah mewujudkan cita-citanya untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi tentara (Kowad).

Prestasi

Alvin Tehupeiory memiliki segudang prestasi di kancah nasional maupun kancah international. Berikut ini daftar prestasinya.

Medali perunggu Asian U20 lari gawang 400 meter tahun 2014

Medali emas lari gawang 400 meter Jakarta Indonesia Championships tahun 2018

Medali emas 200 meter Jakarta Indonesian Championships tahun 2018

Medali emas 100 meter Kejurnas di Cibinong, Bogor tahun 2019

Medali emas 200 meter Kejurnas di Cibinong, Bogor tahun 2019

Alvina diketahui mulai menyukai dunia atletik sejak 2009 atau ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Alvina mulai mencuri perhatian tatkala berhasil mengawinkan gelar nomor 400 M dan 400 M Gawang Putri pada Kejurnas Junior dan Remaja pada 2011 yang dihelat di Jakarta

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading