7 Ciri Orang yang Bisa Dipercaya

Baiq Nurul Nahdiat05 Agu 2021, 14:05 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 14:05 WIB
Ciri Orang yang Bisa Dipercaya

Fimela.com, Jakarta Mempercayakan sesuatu pada seseorang, baik tentang pekerjaan, perasaan atau bahkan rahasia terdalam harus tetap berhati-hati karena bisa saja kita bertemu dengan orang yang tak bisa dipercaya. Kita mungkin tidak bisa langsung mengatakan seseorang bisa dipercaya sebelum mengenalnya dengan baik tentang seluk beluknya, sikap dan kebiasaan. Seperti yang dilansir dari laman Inc.com, Kamis (05/08/2021), berikut 7 ciri orang yang bisa dipercaya dengan baik.

1. Mereka konsisten

Orang yang dapat dipercaya akan menggunakan perilaku dan bahasa yang kurang lebih sama dalam situasi apa pun. Mereka memiliki kendali diri untuk mempertahankan karakter dan menindaklanjuti apa yang mereka katakan akan mereka lakukan. Mereka tidak akan mengenakan topeng yang berbeda atau berpura-pura menjadi seseorang yang tidak hanya mereka kagumi.

2. Menunjukkan kerendahan hati

Sifat ini menunjukkan bahwa orang tersebut dapat memikirkan orang lain dengan baik dan tidak menganggap diri mereka lebih penting daripada orang lain. Orang seperti ini tak berkhianat pada orang lain untuk keperluan-keperluan tertentu.

3. Mereka menghormati batasan

Individu yang dapat dipercaya tidak mencoba memaksakan kehendak mereka pada orang lain karena mereka tidak merasa perlu untuk mengendalikan orang-orang di sekitar mereka. Mereka menghindari intimidasi dan mengakui bahwa tidak berarti tidak.

4. Mereka tenang

Ciri Orang yang Bisa Dipercaya
Ciri Orang yang Bisa Dipercaya. (ilustrasi perempuan bahagia/copyright by mentatdgt/Shutterstock)

Seseorang yang berpura-pura dan cenderung berperilaku curang biasanya akan menunjukkan beberapa tanda kecemasan, seperti bahasa tubuh yang gelisah. Jika orang tersebut tampak tenang, kemungkinan besar dia tidak menyembunyikan apa pun dan bersikap jujur ​​serta terbuka.

5. Menghormati orang lain

Orang-orang yang dapat dipercaya melakukan yang terbaik untuk orang lain, misalnya tidak terlambat atau mempercepat rencana agar orang lain tetap merasa nyaman. Mereka juga sangat mementingkan perasaan orang lain dan tidak semena-mema.

6. Menunjukkan rasa terima kasih

Ciri Orang yang Bisa Dipercaya
Ciri Orang yang Bisa Dipercaya. (Ilustrasi/copyright by A3pfamily /Shutterstock)

Individu yang dapat mengakui bahwa mereka tidak dapat melakukan semuanya sendiri dan menghargai kerja tim. Mereka memberikan kredit di tempat yang seharusnya, bahkan jika itu berarti mereka tidak memberikan kemajuan secepat atau setinggi diri mereka sendiri.

7. Mereka percaya pada orang lain

Mempercayai seseorang, mengungkap kesalahan dan semuanya, melibatkan sejumlah kerentanan. Jadi, ketika seseorang mengungkapkan perasaannya kepadamu, itu menunjukkan bahwa orang tersebut sudah mempercayaimu dan mereka juga ingin terbuka.

Semua ciri di atas memang tidak menjamin orang sepenuhnya dapat dipercaya, yang terpenting sebelum menyerahkan sesuatu yang penting pada seseorang sebaiknya kenali orang tersebut lebih dalam, dan baiknya untuk hal-hal serius bagilah dengan orang terdekat seperti keluarga dan sahabat agar tak menyesal di kemudian hari.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela