5 Cara Mengusir Kecoa secara Alami, Praktis dan Ampuh

Imelda Rahma05 Agu 2021, 13:25 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 13:48 WIB
Kecoa

Fimela.com, Jakarta Kecoa merupakan salah satu hewan yang sangat mengganggu setiap kali datang dan masuk rumah. Hewan kecil ini sering kali ditemui di sekitar kamar mandi.

Namun tidak dipungkiri, kecoa juga sering kali datang di sudut-sudut rumah atau di ruangan yang kotor. Gerakannya yang lincah dan cepat, membuat hewan yang satu ini sudah usir saat masuk ke dalam rumah.

Bukan hanya mengganggu, hewan serangga yang senang hidup di lingkungan kotor ini juga dapat menyebarkan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bahkan dikatakan kuman dan bakteri yang ditularkan oleh kecoa, dapat memicu berbagai gangguan alergi hingga asma. Gerakannya yang cepat, membuat hewan ini lebih mudah menyebarkan bakteri ke seluruh rumah.

Tidak heran, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengusir hewan kecil dan kotor ini. Cara membasmi kecoa biasanya dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembasmi serangga yang sudah dijual bebas di pasaran.

Selain itu, cara membasmi kecoa juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti minyak peppermint, baking soda, hingga daun salam. Dilansir dari Liputan6.com, berikut Fimela.com telah merangkum beberapa cara mengusir kecoa secara alami, praktis dan ampuh. 

Semprotan Minyak Peppermint

Semprotan Minyak Peppermint
Ilustrasi Semprotan Minyak Peppermint Credit: pexels.com/Laryssa

Cara mengusir kecoa secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan semprotan minyak peppermint. Di sini, minyak peppermint mempunyai kandungan yang berguna sebagai insektisida alami dan terbukti secara efektif untuk mengusir kecoa dari rumah. Bahkan, kandungan yang terdapat pada minyak peppermint ini dapat membuat keoca mabuk hingga mati dengan sendirinya.

Cara membuat cairan peppermint pun cukup mudah. Siapkan botol spray atau semprot, isi dengan air bersih kemudian tambahkan sebanyak 20 tetes minyak peppermint ke dalamnya.

Setelah itu kocok hingga tercampur rata, dan semprotkan pada bagian atau sisi rumah yang menjadi sarang kecoa. Cairan penyemprot ini pun aman digunakan dan tidak membahayakan hewan-hewan peliharaan atau juga anak-anak.

Daun Salam

Daun salam
Ilustrasi Daun Salam Credit: pexels.com/Maroon

Cara mengusir kecoa selanjutnya juga bisa menggunakan daun salam. Seperti diketahui, bahwa daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa gurih pada setiap hidangan makanan. Selain sebagai bumbu penambah cita rasa, ternyata daun salam juga berguna untuk mengusir hewan serangga seperti kecoa.

Cara membasmi kecoa dengan daun salam pun sangat mudah. Kamu cukup menghancurkan sedikit daun salam dan meletakkannya di sudut ruangan atau tempat biasa kecoa bersembunyi.

Selain itu daun salam juga bisa diletakkan di bagian bawah tong sampah, sebagai tempat yang sering didatangi kecoa. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuat cairan daun salam untuk disemprotkan langsung pada bagian rumah yang menjadi sarang kecoa.

Baking Soda

Baking Soda
Ilustrasi Baking Soda Credit: pexels.com/Kaboompics

Selain daun salam, kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai salah satu cara mengusir kecoa secara alami. Seperti diketahui bahwa baking soda merupakan salah satu bahan kimia aktif yang ternyata bermanfaat untuk membunuh kecoa. Dalam hal ini, ramuan baking soda mampu membuat tubuh kecoa seketika mengembang setelah bersentuhan dengan bahan tersebut.

Cara membasmi kecoa dengan baking soda, cukup dengan mencampurkan baking soda dengan gula dengan takaran yang sama. Kemudian taburkan campuran tersebut di sudut-sudut ruangan atau bagian lain yang sering dilewati kecoa. Di sini, campuran gula yang ditambahkan dapat menarik kecoa datang sehingga dapat mati dengan sendirinya.

Obat Kumur

Obat Kumur
Ilustrasi Obat Kumur Credit: pexels.com/Mishal

Cara mengusir kecoa secara alami yang tidak kalah mudah berikutnya bisa dengan menggunakan obat kumur. Di sini, kandungan mentol yang terdapat pada obat kumur secara efektif dapat membunuh kecoa. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, obat kumur jauh lebih ampuh membunuh kecoa dibandingkan dengan minyak esensial lainnya.

Cara membuat cairan ini sangat mudah. Campurkan 100 ml obat kumur dengan air. Kocok perlahan hingga tercampur sempurna. Kemudian semprotkan pada bagian sudut ruangan atau bagian lain yang menjadi sarang kecoa. Tunggu beberapa saat, dan kecoa pun dapat mati dengan mudah.

Deterjen dan Hairspray

Deterjen dan Hairspray
Ilustrasi Deterjen dan Hairspray Credit: pexes.com/Anna

Cara mengusir kecoa secara alami yang terakhir bisa dengan menggunakan deterjen atau hairspray. Diketahui, bahwa campuran air dan sabun bisa membuat kecoa sekarat dan lebih cepat mati. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan deterjen untuk dijadikan cairan pembasmi serangga.

Caranya campurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan air, lalu kocok perlahan hingga bahan tercampur. Lalu semprotkan bagai bagian rumah yang sering dilewati kecoa.

Selain dengan deterjen, kamu juga bisa menggunakan hairspray sebagai bahan pembasmi serangga jenis ini. Tekstur lengket yang dimiliki hairspray dapat membuat kecoa tersangkut dan susah bergerak. Dengan begitu, kecoa akan lebih mudah diusir.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela