Penelitian Membuktikan, Bukan Wajah Cantik yang Membuat Pria Jatuh Cinta Tapi Ini

Febi Anindya Kirana07 Agu 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 07 Agu 2021, 16:15 WIB
perempuan tersenyum

Fimela.com, Jakarta Kecantikan fisik memang menjadi salah satu kelebihan yang membuat setiap perempuan mudah disukai banyak orang, terutama disukai pria. Meskipun pria menjadi makhluk yang mudah tertarik dengan wajah cantik, namun ternyata pria lebih memuja perempuan ketika memiliki kecantikan di dalam kepalanya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Review of Social Psychology menemukan bahwa pria sekarang lebih tertarik kepada kecerdasan perempuan ketimbang penampilannya yang cantik secara fisik.

Para peneliti menemukan bahwa di negara-negara yang mendukung kesetaraan gender, pria menganggap kecerdasan perempuan justru sangat menarik dibandingkan wajah atau penampilan fisiknya.

Perempuan cerdas lebih cantik daripada wajah

perempuan bekerja
ilustrasi perempuan karir/photo created by katemangostar - www.freepik.com

Penelitian yang dilakukan di Northwestern University dan the University of Innsbruck ini menunjukkan bahwa pria modern semakin menghargai kecerdasan otak dibandingkan kecantikan fisik saat memilih istri untuk hubungan cinta jangka panjang.

Secara umum cara memilih pasangan pada diri setiap orang mampu mengalami evolusi atau fleksibilitas terhadap lingkungan yang juga berubah di sekitarnya. Kriteria pria dalam mencari pasangan juga bisa berubah karena mereka menginginkan keturunan yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang berkembang.

Dikatakan Alice Eagly, profesor psikologi dari Policy Research at Northwestern dalam Science Daily bahwa fleksibilitas ini memungkinkan orang untuk melakukan apa yang telah dipertahankan oleh para ahli teori sosiokultural untuk waktu yang lama yaitu memilih pasangan yang mampu memberikan manfaat lebih besar untuk kehidupan masa depan mereka.

Sayangnya, hal ini belum berlaku di negara-negara di mana hak antara perempuan dan pria tidak setara. Itulah mengapa pentingnya membuka wawasan pria lebih luas sehingga perspektifnya terhadap perempuan tidak dangkal hanya sebatas penampilan atau wajah yang cantik.

Jadi, jika ingin tampil menarik di mata siapa saja, pastikan punya kecerdasan otak agar cantik secara alami ya, Sahabat Fimela. 

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela