Sukses

Lifestyle

35 Kutipan Novel Ayat Ayat Cinta tentang Nasihat Penuh Makna

Fimela.com, Jakarta Salah satu novel best seller yang wajib di baca adalah novel berjudul Ayat-Ayat Cinta. Novel ini merupakan karya dari Habiburrahman El Shirazy, yang diterbitkan pertama kali di tahun 2004. Saking laris novel tersebut, novel ini juga diangkat menjadi sebuah film layar lebar.

Novel Ayat-Ayat Cinta bercerita tentang kisah cinta, yang dipadukan dengan dakwah dan latar belakang budaya Islam. Latar yang digambarkan adalah suasana Mesir yang panas, dengan penggunaan bahasa Arab formal (fusha) dan informal ('amiyah'), yang tertulis dalam setiap paragrafnya.

BACA JUGA: Status Sindiran Bahasa Inggris Untuk Orang Munafik Beserta Artinya 

Ada banyak amanat dan pesan yang tertulis dalam novel Ayat-Ayat Cinta, yang meyentuh hati dan berupa nasihat untuk kehidupan. Berikut kutipan novel ayat ayat cinta:

 

Kutipan Novel Ayat Ayat Cinta yang Menyentuh Hati

1. “Aku baru menyadari bahwa antara Cinta dan Rasa Ingin Memiliki itu tidak sama.”

2. “Menekuni bidang ilmu dengan serius adalah dakwah.”

3. “Jangan menipu Allah! Begitu makna sebuah nasihat Rasulullah SAW ketika ditanya oleh salah seorang sahabat.”

4. “Sekali nafsu itu kau manjakan, maka nafsu itu akan semakin kurang ajar dan tidak tahu diri! Jangan pernah berdamai dengan nafsu! Sekali kau berdamai, maka nafsu itu akan menginjak harga dirimu dan menjajahmu! Jangan beri kehormatan sedikitpun pada nafsumu. Perlakukan dia sebagai makhluk hina, pengkhianat yang tidak boleh diberi ampun!”

5. “Yang berhak melaknat hanya Allah. Dan hanya Allahlah yang tahu segalanya.”

6. “Nenek Catarina sejak siang belum makan. Perutnya sampai sakit. Ia tidak bisa keluar ke minimarket atau supermarket karena kakinya sakit. Kita berarti membiarkan tetangga kita perutnya sakit karena lapar, sementara kita tidur kenyang. Itu sebuah dosa sosial. Nabi Muhammad SAW sangat tidak menyukainya.”

7. “Perlu proses agar seseorang bisa menghargai dirinya sendiri dan orang lain.”

9. “Cinta selalu disertai rasa cemburu. Tanpa rasa cemburu cinta itu tiada.”

10. “Kalau kita tidak perhatian pada saudara kita, risiko di akhirat lebih berat lagi."

11.  “Ya Allah, letakkanlah dunia ditanganku, jangan dihatiku.”

12. “Kata-kata adalah cermin jiwa.”

13. “Seandainya kita tidak mengenal Allah, lantas bagaimana kita dapat menyembah-Nya, memuji-Nya, dan meminta pertolongan kepada-Nya?”

14. “Aku tidak mau naik tangga di belakang Maria. Aku harus di depan. Aku teringat kisah nabi Musa dan dua gadis muda pencari air. Nabi Musa tidak mau berjalan di belakang keduanya demi menjaga pandangan dan menjaga kebersihan jiwa.”

15. “Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya.”

Kutipan Novel Ayat Ayat Cinta yang Penuh Makna

16. “Cinta sejati dua insan berbeda jenis adalah cinta yang terjalin setelah akad nikah. Yaitu cinta kita pada pasangan hidup kita yang sah. Cinta sebelum menikah adalah cinta semu yang tidak perlu disakralkan dan diagung-agungkan.”

17. “Kesombongan sebesar apa pun akan luluh ketika mengingat kematian.”

18. “Dan ketahuilah, tidak ada jalan yang lebih dekat dari kejujuran, tidak ada dalil yang lebih berhasil dari ilmu, dan tidak ada bekal yang lebih sampai dari takwa.”

19. “Semestinya keluar dari Ramadhan, semua yang berpuasa rendah diri, tawadhu’, mudah bertemu hati dengan saudaranya, mudah mengalah demi saudara.”

20. “Yang pantas dicintai adalah cinta itu sendiri dan yang pantas dimusuhi adalah permusuhan itu sendiri.”

21. “Kau mengerjakan amal yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya namun kau menginginkan selain dari Allah. Takutlah dari riya!"

22. "Hai orang yang riya! Hai orang yang mengkhianati janji! Hai orang yang larut dalam kemaksiatan! Hai orang yang merugi!’ Telah rusak amalmu dan hilang pahalamu. Tidak ada pahalamu disisi Kami. Pergilah, lalu ambillah upahmu dari orang yang kau beramal karen dia, hai penipu!”

23. "Aku ingin cintaku kepada Aisha seperti bunga-bunga makrifat di hati para orang-orang salehh (salehin) dan para nabi"

 24. "Bunga-bunga makrifat itu tidak pernah layu, selalu mekar sepanjang musim. Bunga-bunga makrifat itu begitu indah, keindahannya hanya bisa ditangkap oleh mata batin para pecinta sejati."

25. "Bunga-bunga makriftat itu menguapkan aroma keharuman yang menyegarkan ruh, menyegarkan pikiran, jiwa dan raga. Aku ingin cintaku kepada Aisha seperti itu.”

Kutipan Ayat-Ayat Cinta Berisi Nasihat

26. “Aku baru menyadari bahwa antara Cinta dan Rasa Ingin Memiliki itu tidak sama.”

27. “Muka bumi ini semuanya dihamparkan oleh Allah sebagai masjid.”

28. "Menghadaplah kepada Allah dengan hati luluh. Hindarkan dirimu dari sikap ujub dan angkuh. Pergaulilah manusia yang jahat dengan baik, karena pada hakikatnya kamu sedang bermuamalah dengan Allah yang Maha Besar."

29. “Tiba-tiba ia teringat kisah Syaikh Muhammad Abduh yang menangisi kondisi umat Islam dan keluarlah kalimat yang sangat terkenal dari ulama terkemuka Mesir, "Al-Islamu mahjuubun bil muslimin". Yang artinya, Islam tertutup oleh umat Islam.”

30. “Kebijakan yang sesungguhnya, biasanya tampak melalui kerendahan hati dan tidak banyak cakap.”

31. “Al-Qur'an itu di alam kubur bisa memberi syafaat bagi pemiliknya, di akhirat juga memberi syafaat bagi pemiliknya.”

32. "Ketahuilah, himmah adalah wadah taufik. Kendarailah kuda himmah, niscaya kamu akan mencapai puncak cita-citamu. Mintalah pertolongan Allah dalam setiap langkahmu, maju ataupun mundur. Niscaya tidak akan sia-sia jerih payahmu dan akan tercapai cita-citamu."

33. “Hanya mereka yang bisa menjiwai mental para pahlawannya yang akan meraih prestasi-prestasi gemilang.”

34. “Yang membezakan rasa seseorang meneguk kematian adalah ridho Allah terhadapnya”

35. “Jika cinta tidak berlandaskan ketakwaan kepada Allah, maka keduanya bisa saling bermusuh di Akhirat kelak”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading