Menciptakan Kebahagiaan Bisa Dimulai dari Cara Paling Sederhana

Endah Wijayanti17 Agu 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 17 Agu 2021, 12:45 WIB
perempuan dan beruntung

Fimela.com, Jakarta Kenangan pada masa kecil takkan pernah terlupakan. Hari-hari dan waktu yang kita lewati saat masih anak-anak akan selalu membekas di hati. Masing-masing dari kita pun pasti punya kisah atau cerita paling membekas soal masa kecil itu, seperti pengalaman yang dituliskan Sahabat Fimela dalam Lomba My Childhood Story: Berbagi Cerita Masa Kecil yang Menyenangkan ini.

***

Oleh: Cici Sari Wahyuni

Masa kecil selalu punya cerita sendiri yang berkesan. Salah satu fase kehidupan yang dilalui setiap orang. Begitu pun dengan saya.

Banyak pengalaman berkesan yang tercipta pada saat saya masih kecil, yang kini juga merangkap menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Dulu saat saya masih kecil, bermain di luar rumah bersama teman-teman sebaya rasanya sudah lebih dari cukup. Kami memainkan banyak sekali permainan sederhana. Tak perlu gadget, kuota, atau mainan mewah berharga fantastis untuk membuat saya dan teman-teman senang.

Pagi hari setelah mandi dengan membawa izin dari ibu, saya pergi bermain ke rumah tetangga. Di sana biasanya teman-teman saya sudah berdatangan dan saling menunggu. Setiap hari, kami selalu memainkan berbagai jenis permainan tradisional. Apa pun permainan yang kami mainkan, rasanya selalu menyenangkan jika dilakukan bersama.

 

Mengingat Permainan-Permainan Sederhana

childhood dan tanpa listrik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/jaboo2foto

Mulai dari bermain masak-masakan, guru dan murid, kontes bernyanyi, menjadi pegawai salon, berkemah dengan alat seadanya, bermain kartu, lompat tali, engklek (kalau di daerah saya disebut dengan ‘asinan’), petak umpet, monopoli, bermain petualangan atau menjelajah, menjadi penjual-pembeli, bermain boneka barbie, kelereng, dan masih ada banyak lagi jenis permainan sederhana lainnya.

Seolah setiap harinya kami tidak akan kehabisan stok ide permainan untuk dimainkan berikutnya. Tak ketinggalan kegiatan di akhir pekan yang biasa saya lakukan bersama teman-teman, menonton kartun anak-anak yang setia tayang setiap minggunya selama beberapa jam ke depan. Lalu sebelum pulang ke rumah di sore hari, kami akan bermain sepeda di sekitar rumah dan pulang sebelum hari menggelap.

Setelah diingat kembali, cara untuk menciptakan kebahagiaan bisa dimulai dengan cara sederhana. Bahagia memang sesederhana itu, berkumpul dan menghabiskan waktu bersama teman-teman sebaya di sekitar rumah. Rasanya sangat bebas, lepas, serta bisa menjadi diri sendiri.

Pengalaman masa kecil memang hanya bisa untuk dikenang, karena semuanya telah berlalu dan tidak bisa diulang kembali. Meskipun terkadang ada perasaan rindu dengan banyak hal yang kini sudah banyak berubah, dari lingkungan sampai teman-teman yang sudah beranjak dewasa seperti saya.

Ingin rasanya mengulang masa-masa itu lagi. Saya bahkan pernah bertanya-tanya pada diri saya sendiri, tentang alasan kenapa waktu kecil saya ingin sekali menjadi cepat dewasa, padahal masa anak-anak adalah salah satu masa terbaik yang pernah saya lalui. Kini saya berharap semoga semua kenangan masa kecil ini tidak akan pernah hilang dari ingatan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela