Sukses

Lifestyle

Atlet Triathlon yang Jadi Dokter Kembali Raih Medali Emas Paralimpiade Tokyo 2020

Fimela.com, Jakarta Seorang atlet triathlon asal Spanyol berhasil mencetak sejarah. Atlet bernama Susana Rodriguez itu

medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 pertama untuk Spanyol dalam event PTV1 yang diadakan di Odaiba Marine Park di Tokyo pada 28 Agustus 2021.

Rodriguez dapat bertanding dengan sangat baik dan berhasil memenangkan Paralimpiade Tokyo 2020.

 

"Tidak ada yang sebesar Paralimpiade," kata Rodriguez.

Kemenangan Rodriguez jadi bukti pantang menyerah dari sebagai seorang atlet. Ia sempat diperkirakan untuk menjadi bagian dari tim Spanyol yang akan bertanding di Paralimpiade Beijing 2008. Namun Rodriguez diumumkan bahwa dirinya tidak masuk ke dalam tim.

 

Perjalanan meraih medali emas

Keputusan ini tentu sangat mengganggunya, tetap juga membantunya menemukan kembali jalan untuk terjun ke triathlon.

Setelah fokus, ia mulai mengumpulkan hasil yang baik. Rodriguez mencapai Paralimpiade Rio 2016 dan berada di urutan kelima. Sebelum itu dia sudah berada di posisi ketiga di Kejuaraan Dunia di Edmonton 2014, Chicago 2015 dan peringkat keempat di Rotterdam 2016.

"Saya ke Paralimpiade di Rio dan ada di peringkat kelima dan berjanji pada diri sendiri bahwa saya menginginkan kesempatan baru. Untuk kesempatan itu saya harus bekerja sangat keras untuk menjadi lebih baik di tiga cabang triathlon," katanya.

Setelah insiden itu, ia beristirahat dari dunia olahraga dan beralih profesi menjadi dokter dan fisioterapi. Namun di Olimpiade Rio 2016 Rodriguez ikut bertanding dan meraih posisi kelima.

 

Sempat jadi tenaga kesehatan

Susana Rodriguez sempat menjadi salah satu tenaga kesehatan di Eropa untuk memerangi COVID-19 padah tahun lalu. Karena Paralimpiade Tokyo 2020 ditunda, ia memiliki kesempatan untuk mengikuti pertandingan tahun ini.

"Sejak saya masih kecil dan saya menyadari saya memiliki disabilitas saya ingin pergi ke Paralimpiade," kata Rodriguez.

Susana Rodriguez merupakan atlet dengan alibinisme dan gangguan mata parah. Meski demikian, ia tidak dapat menutupi kebahagiannya ketika meraih medali emas di PTV`Triathlon putri.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading